Daftar Isi:
  • Sejalan dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, sejumlah program telah dikembangkan PLN guna untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa terhadap masyarakat. Salah satu program terbaru PLN yaitu Program Listrik prabayar. Program Listrik Prabayar merupakan salah satu program pelayanan untuk pelanggan yang bertujuan agar pelanggan lebih mudah dalam mengendalikan pemakaian listrik sesuai dengan kebutuhannya. Tetapi dengan kelebihan tersebut listrik prabayar masih belum bisa menggantikan listrik pasca bayar di kalangan masyarakat serta masih banyaknya keluhan pelanggan yang masuk tentang listrik prabayar. karena itu perlu adanya peninjauan terhadap konsumen untuk meningkatkan kualitas jasa listrik prabayar sehingga layanan jasa listrik prabayar kota Malang semakin prima khususnya pada kawasan perumahan. P enelitian ini menggunakan integrasi metode Service Quality (Servqual) dan Quality Function Deployment (QFD). Fungsi dari integrasi tersebut adalah memperjelas perencanaan untuk melakukan perbaikan. Integrasi ini di lakukan dengan memanfaatkan gap persepsi dan ekspektasi pada room I House of Quality , dan hasil dari pengukuran Servqual digunakan pada room II House of Quality. Jadi semakin besar nilai Raw weight maka semakin besar tingkat kepentingan prioritasnya. Dengan mempertimbangan hal tersebut pembuatan solusi perbaikan selanjutnya berdasarkan customers needs sehingga dapat membuat pelanggan menjadi puas. Berdasarkan hasil penelitian kualitas jasa listrik prabayar PLN rayon kota Malang khususnya pada kawasan perumahan dapat diketahui bahwa atribut yang mempunyai tingkat kepentingan tertinggi pertama adalah teknologi dari meteran listrik prabayar. Sedangkan atribut dengan tingkat kepentingan tertinggi kedua adalah kemudahan mendapatkan token/pulsa listrik prabayar, dan kepentingan tertinggi ketiga adalah kemudahan pengisian listrik prabayar. Setelah dihitung berdasarkan pembobotan Raw Weight maka rekomendasi berdasarkan tingkat kontribusi terbesar pertama adalah penerapan sistem laporan callback sebesar 2,02. Sedangkan rekomendasi dengan tingkat pembobotan terbesar kedua adalah peningkatan kualitas meteran listrik prabayar secara menyeluruh sebesar 1,62. Dan rekomendasi dengan tingkat pembobotan terbesar ketiga adalah adanya tes evaluasi pelayanan karyawan/pegawai PLN secara berkala sebesar 1,55.