Kualitas pelayanan [service quality] terhadap kepuasan konsumen RM Ayam Bakar Wong Solo Cabang Maalng

Main Author: YusufSetyawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/136195/1/050802118.pdf
http://repository.ub.ac.id/136195/
ctrlnum 136195
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/136195/</relation><title>Kualitas pelayanan [service quality] terhadap kepuasan konsumen RM Ayam Bakar Wong Solo Cabang Maalng</title><creator>YusufSetyawan</creator><subject>636 Animal husbandry</subject><description>Penelitian ini dilaksanakan pada rumah makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang pada tanggal 29 April sampai dengan 29 Mei 2008, yang bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh kualitas jasa pelayanan ( service quality ) terhadap kepuasan konsumen rumah makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang. (2) faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen rumah makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pegambilan data menggunakan kuisioner. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik accidental sampling yaitu teknik menentukan sampel berdasarkan kebetulan, ini dimaksudkan siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sampel, jika syarat sampel dapat terpenuhi. Responden yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 60 orang konsumen rumah makan Ayam Bakar Wong Solo. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Untuk analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan program komputer SPSS versi 16.00. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan konsumen terhadap kepuasan konsumen rumah makan Ayam Bakar Wong Solo yang diukur dengan variabel-variabel bukti nyata (X1) , keandalan (X2) , kesigapan (X3) , jaminan (X4) dan empati (X5) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel-variabel tersebut dianalisis dengan regresi linier berganda diperoleh persamaan regesi sebagai berikut : Y = 2,165 + 0,0691 X1 + 0,291 X2 + 0,023 X3 + 0,244 X4 + 0,435 X5, besarnya pengaruh secara bersama-sama dapat diketahui dari nilai koefisien determinannya (R2), dimana nilai R2 sebesar 0,581, artinya variabel- variabel bukti nyata (X1) , keandalan (X2) , kesigapan (X3) , jaminan (X4) dan empati (X5) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan sebesar 58,1 persen dan 41,9 persen dipengaruhi oleh variabel lain, uji parsial menunjukkan bahwa faktor-faktor kualitas pelayanan yang berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen yaitu variabel keandalan (X2) dan empati (X5), sedangkan variabel-variabel bukti nyata (X1) , kesigapan (X3) dan jaminan (X4) kurang berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data yaitu kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu variabel keandalan (X2) dan empati (X5), sedangkan variabel bukti nyata (X1), kesigapan (X3) dan jaminan (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Saran untuk rumah makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang yaitu hendaknya variabel bukti nyata ditingkatkan lagi dengan dilakukan pembaruan desain interior ruangan dan penambahan kipas angin, variabel kesigapan juga ditingkatkan dengan cara selalu bertindak cepat jika ada konsumen yang mengeluh dan jaminan yang dilakukan dengan selalu bertindak ramah dan memberi perhatian kepada konsumen. Faktorfaktor keandalan dan empati perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi.</description><date>2008-07-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/136195/1/050802118.pdf</identifier><identifier> YusufSetyawan (2008) Kualitas pelayanan [service quality] terhadap kepuasan konsumen RM Ayam Bakar Wong Solo Cabang Maalng. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FPT/2008/100/050802118</relation><recordID>136195</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author YusufSetyawan
title Kualitas pelayanan [service quality] terhadap kepuasan konsumen RM Ayam Bakar Wong Solo Cabang Maalng
publishDate 2008
topic 636 Animal husbandry
url http://repository.ub.ac.id/136195/1/050802118.pdf
http://repository.ub.ac.id/136195/
contents Penelitian ini dilaksanakan pada rumah makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang pada tanggal 29 April sampai dengan 29 Mei 2008, yang bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh kualitas jasa pelayanan ( service quality ) terhadap kepuasan konsumen rumah makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang. (2) faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen rumah makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pegambilan data menggunakan kuisioner. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik accidental sampling yaitu teknik menentukan sampel berdasarkan kebetulan, ini dimaksudkan siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sampel, jika syarat sampel dapat terpenuhi. Responden yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 60 orang konsumen rumah makan Ayam Bakar Wong Solo. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Untuk analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan program komputer SPSS versi 16.00. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan konsumen terhadap kepuasan konsumen rumah makan Ayam Bakar Wong Solo yang diukur dengan variabel-variabel bukti nyata (X1) , keandalan (X2) , kesigapan (X3) , jaminan (X4) dan empati (X5) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel-variabel tersebut dianalisis dengan regresi linier berganda diperoleh persamaan regesi sebagai berikut : Y = 2,165 + 0,0691 X1 + 0,291 X2 + 0,023 X3 + 0,244 X4 + 0,435 X5, besarnya pengaruh secara bersama-sama dapat diketahui dari nilai koefisien determinannya (R2), dimana nilai R2 sebesar 0,581, artinya variabel- variabel bukti nyata (X1) , keandalan (X2) , kesigapan (X3) , jaminan (X4) dan empati (X5) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan sebesar 58,1 persen dan 41,9 persen dipengaruhi oleh variabel lain, uji parsial menunjukkan bahwa faktor-faktor kualitas pelayanan yang berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen yaitu variabel keandalan (X2) dan empati (X5), sedangkan variabel-variabel bukti nyata (X1) , kesigapan (X3) dan jaminan (X4) kurang berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data yaitu kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu variabel keandalan (X2) dan empati (X5), sedangkan variabel bukti nyata (X1), kesigapan (X3) dan jaminan (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Saran untuk rumah makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang yaitu hendaknya variabel bukti nyata ditingkatkan lagi dengan dilakukan pembaruan desain interior ruangan dan penambahan kipas angin, variabel kesigapan juga ditingkatkan dengan cara selalu bertindak cepat jika ada konsumen yang mengeluh dan jaminan yang dilakukan dengan selalu bertindak ramah dan memberi perhatian kepada konsumen. Faktorfaktor keandalan dan empati perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi.
id IOS4666.136195
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T04:07:34Z
last_indexed 2021-10-28T07:25:27Z
recordtype dc
_version_ 1751454891052630016
score 17.538404