Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Ocean Garden (Trunojoyo) Kota Malang, Jawa Timur

Main Author: Mawardi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/134731/1/x_artikel_mawardi_x.pdf
http://repository.ub.ac.id/134731/2/x_PKM_MAWARDI_x.pdf
http://repository.ub.ac.id/134731/3/x_SKRIPSI_MAWARDI_x.pdf
http://repository.ub.ac.id/134731/
ctrlnum 134731
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/134731/</relation><title>Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Ocean Garden (Trunojoyo) Kota Malang, Jawa Timur</title><creator>Mawardi</creator><subject>639.2 Commercial fishing, whaling, sealing</subject><description>Tingginya tingkat pertumbuhan usaha rumah makan di Kota Malang tidak terlepas dari berubahnya pola dan gaya hidup masyarakat yang tidak lagi memandang bahwa mengkonsumsi makanan sebagai kebutuhan, namun sudah menjadi gaya hidup tersendiri. Adanya tren tersebut, membuat pelaku usaha bisnis restoran saling berkompetisi untuk menciptakan lingkungan fisik (servicescape) atau fasilitas yang baik sehingga akan menarik minat konsumen untuk menjadi tempat makan pilihan. Tujuan dari penelitian yaitu : (1) Mengetahui gambaran responden dan karakteristik pengunjung (2) Menganalisis pengaruh secara simultan atas variabel servicescape terhadap kepuasan konsumen Restoran Ocean Garden Trunojoyo (3) Menganalisis pengaruh secara parsial atas variabel servicescape terhadap kepuasan konsumen Restoran Ocean Garden Trunojoyo (4) Mengetahui variabel servicescape yang dominan terhadap kepuasan konsumen Restoran Ocean Garden Trunojoyo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan linier time function dan didapat jumlah responden sebanyak 60 orang. Pada penilitian ini, variabel yang diteliti terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu variabel bebas yang terdiri dari Layout navigation (X1), Cleanliness (X2), Seating comfort (X3), Interior decor (X4), Ambience (X5) dan variabel terikat yaitu kepuasan konsumen (Y). Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, dan untuk memperoleh data kuantitatif maka digunakan skala Likert model 5 poin. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi berganda, koefisien determinasi (R2), uji F, uji t, dan uji dominan. Berdasarkan uji asumsi klasik tidak didapati masalah yang berarti. Model estimasi telah memenuhi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan uji regresi berganda didapatkan model Y = 0,278X1 + 0,192X2 + 0,249X3 + 0,191X4 + 0,038X5 + e. Hasil tersebut menunjukan koefisien regresi Layout navigation (X1), Cleanliness (X2), Seating comfort (X3), Interior decor (X4), Ambience (X5) bernilai positif yang berarti bahwa kelima variabel tersebut memiliki hubungan yang searah dengan kepuasan konsumen (Y). Nilai koefisien determinasi (R2) pada penelitian ini didapatkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,422 atau dapat disimpulkan bahwa variabel servicescape mempengaruhi variabel kepuasan konsumen sebesar 42,2%, sedangkan sisanya sebesar 57,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel bebas. Pada uji F dapat dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh simultan secara signifikan terhadap variabel dependen. Dari uji t dapat disimpulkan bahwa variabel layout navigation (X1), seating comfort (X3), interior d&#xE9;cor (X4) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan variabel cleanliness (X2) dan ambience (X5) secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Uji dominan pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel layout navigation (X1) memiliki nilai koefisien standarisasi (standardized beta coefficient) terbesar, yaitu sebesar 0,278. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel servicescape yang berpengaruh dominan adalah layout navigation (X1). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel servicescape yang terdiri dari lima variabel yaitu layout navigation (tata ruang), cleanliness (kebersihan), seating comfort (kenyamanan tempat duduk), interior d&#xE9;cor (dekorasi interior) dan ambience (kondisi lingkungan) secara bersama-sama berpengaruh signifikan namun tidak semua variabel masing-masing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Ocean Garden Trunojoyo. Sedangkan variabel dari servicescape yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Ocean Garden Trunojoyo adalah layout navigation yang mencakup tata ruang. Adanya pengaruh dominan dari variabel tersebut menujukkan bahwa selain datang untuk menikmati hidangan yang disediakan, konsumen juga memperhatikan penataan oranament fisik dan penataan ruangan yang baik yang disediakan oleh Restoran Ocean Garden Trunojoyo. Untuk pihak manajemen Restoran Ocean Garden Trunojoyo sekiranya perlu memperhatikan variabel servicescape yang berpengaruh secara dominan yaitu variabel layout navigation. Dan mempertahankan serta meningkatkan variabel servicescape yang masing-masing berpengaruh secara signifikan yaitu layout navigation (tat ruang), seating comfort (kenyamanan tempat duduk) dan interior d&#xE9;cor (dekorasi interior) dan variabel servicescape yang berpengaruh tidak signifikan yaitu cleanliness (kebersihan) dan ambience (kondisi lingkungan). Untuk para pelaku usaha ada baiknya menerapkan servicescape dengan baik karena berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/134731/1/x_artikel_mawardi_x.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/134731/2/x_PKM_MAWARDI_x.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/134731/3/x_SKRIPSI_MAWARDI_x.pdf</identifier><identifier> Mawardi (2016) Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Ocean Garden (Trunojoyo) Kota Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FPR/2016/1003/051700191</relation><recordID>134731</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mawardi
title Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Ocean Garden (Trunojoyo) Kota Malang, Jawa Timur
publishDate 2016
topic 639.2 Commercial fishing
whaling
sealing
url http://repository.ub.ac.id/134731/1/x_artikel_mawardi_x.pdf
http://repository.ub.ac.id/134731/2/x_PKM_MAWARDI_x.pdf
http://repository.ub.ac.id/134731/3/x_SKRIPSI_MAWARDI_x.pdf
http://repository.ub.ac.id/134731/
contents Tingginya tingkat pertumbuhan usaha rumah makan di Kota Malang tidak terlepas dari berubahnya pola dan gaya hidup masyarakat yang tidak lagi memandang bahwa mengkonsumsi makanan sebagai kebutuhan, namun sudah menjadi gaya hidup tersendiri. Adanya tren tersebut, membuat pelaku usaha bisnis restoran saling berkompetisi untuk menciptakan lingkungan fisik (servicescape) atau fasilitas yang baik sehingga akan menarik minat konsumen untuk menjadi tempat makan pilihan. Tujuan dari penelitian yaitu : (1) Mengetahui gambaran responden dan karakteristik pengunjung (2) Menganalisis pengaruh secara simultan atas variabel servicescape terhadap kepuasan konsumen Restoran Ocean Garden Trunojoyo (3) Menganalisis pengaruh secara parsial atas variabel servicescape terhadap kepuasan konsumen Restoran Ocean Garden Trunojoyo (4) Mengetahui variabel servicescape yang dominan terhadap kepuasan konsumen Restoran Ocean Garden Trunojoyo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan linier time function dan didapat jumlah responden sebanyak 60 orang. Pada penilitian ini, variabel yang diteliti terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu variabel bebas yang terdiri dari Layout navigation (X1), Cleanliness (X2), Seating comfort (X3), Interior decor (X4), Ambience (X5) dan variabel terikat yaitu kepuasan konsumen (Y). Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, dan untuk memperoleh data kuantitatif maka digunakan skala Likert model 5 poin. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi berganda, koefisien determinasi (R2), uji F, uji t, dan uji dominan. Berdasarkan uji asumsi klasik tidak didapati masalah yang berarti. Model estimasi telah memenuhi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan uji regresi berganda didapatkan model Y = 0,278X1 + 0,192X2 + 0,249X3 + 0,191X4 + 0,038X5 + e. Hasil tersebut menunjukan koefisien regresi Layout navigation (X1), Cleanliness (X2), Seating comfort (X3), Interior decor (X4), Ambience (X5) bernilai positif yang berarti bahwa kelima variabel tersebut memiliki hubungan yang searah dengan kepuasan konsumen (Y). Nilai koefisien determinasi (R2) pada penelitian ini didapatkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,422 atau dapat disimpulkan bahwa variabel servicescape mempengaruhi variabel kepuasan konsumen sebesar 42,2%, sedangkan sisanya sebesar 57,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel bebas. Pada uji F dapat dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh simultan secara signifikan terhadap variabel dependen. Dari uji t dapat disimpulkan bahwa variabel layout navigation (X1), seating comfort (X3), interior décor (X4) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan variabel cleanliness (X2) dan ambience (X5) secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Uji dominan pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel layout navigation (X1) memiliki nilai koefisien standarisasi (standardized beta coefficient) terbesar, yaitu sebesar 0,278. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel servicescape yang berpengaruh dominan adalah layout navigation (X1). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel servicescape yang terdiri dari lima variabel yaitu layout navigation (tata ruang), cleanliness (kebersihan), seating comfort (kenyamanan tempat duduk), interior décor (dekorasi interior) dan ambience (kondisi lingkungan) secara bersama-sama berpengaruh signifikan namun tidak semua variabel masing-masing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Ocean Garden Trunojoyo. Sedangkan variabel dari servicescape yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Ocean Garden Trunojoyo adalah layout navigation yang mencakup tata ruang. Adanya pengaruh dominan dari variabel tersebut menujukkan bahwa selain datang untuk menikmati hidangan yang disediakan, konsumen juga memperhatikan penataan oranament fisik dan penataan ruangan yang baik yang disediakan oleh Restoran Ocean Garden Trunojoyo. Untuk pihak manajemen Restoran Ocean Garden Trunojoyo sekiranya perlu memperhatikan variabel servicescape yang berpengaruh secara dominan yaitu variabel layout navigation. Dan mempertahankan serta meningkatkan variabel servicescape yang masing-masing berpengaruh secara signifikan yaitu layout navigation (tat ruang), seating comfort (kenyamanan tempat duduk) dan interior décor (dekorasi interior) dan variabel servicescape yang berpengaruh tidak signifikan yaitu cleanliness (kebersihan) dan ambience (kondisi lingkungan). Untuk para pelaku usaha ada baiknya menerapkan servicescape dengan baik karena berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.
id IOS4666.134731
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T04:06:18Z
last_indexed 2021-10-28T07:23:34Z
recordtype dc
_version_ 1751455977156116480
score 17.538404