Pengaruh Kepuasan Nasabah Internet Banking (e-banking) Pada Dimensi Kenyamanan, Jasa yang Ditawarkan, Desain Situs, dan Keamanan Transaksi Terhadap Keputusan Bertransaksi Ulang di PT. Bank Central Asi
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial antara variabel kepuasan nasabah pada dimensi kenyamanan (convenience) , variasi jasa (service offerings) , desain situs (site design) dan keamanan transaksi (financial security) terhadap variabel keputusan nasabah untuk bertransaksi ulang (retransaction intention) melalui e-banking PT. Bank Cetral Asia, Tbk, KCU Borobudur, Malang dan variabel mana yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan bertransaksi ulang. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah yang bertransaksi menggunakan e-banking sebanyak 84 responden. Selanjutnya metode analisis yang digunakan meliputi regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan variabel bebas yang tediri dari lebih dari satu variabel bebas. Penelitian ini telah membuktikan bahwa kepuasan layanan e-banking (yaitu kenyamanan, jasa yang ditawarkan, desain situs, dan keamanan transaksi) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh dan hubungan yang signifikan terhadap keputusan bertransaksi ulang di PT. Bank Cetral Asia, Tbk, KCU Borobudur, Malang, hingga mencapai 52,5 % yang diperoleh dari hasil koefesien determinasi (R 2 ) sebesar 0,525, dan sisanya sebesar 47,5% dipengaruhi dari variabel di luar penelitian ini. Hasil uji F nilai F hitung sebesar 21,818 > F tabel signifikan F sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 berarti variabel kenyamanan (X1), variabel jasa yang ditawarkan (X2), variabel desain situs (X3) dan variabel keamanan transaksi (X4) secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan bertransaksi ulang di PT. Bank Cetral Asia, Tbk, KCU Borobudur, Malang (Y) sehingga keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Analisa secara parsial melalui uji t menunjukan nilai t hitung X2, X2, X3, dan X4 > t tabel sebesar 1,645 secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan bertransaksi ulang di PT. Bank Cetral Asia, Tbk, KCU Borobudur, Malang (Y) sehingga keputusan terhadap Ho ditolak, serta diketahui bahwa koefisien beta yang paling besar adalah variabel X1 yaitu kenyamanan sebesar 0,274 jika dibandingkan variabel bebas yang lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis 2 diduga variabel kenyamanan (X1) yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan bertransaksi ulang di PT. Bank Cetral Asia, Tbk, KCU Borobudur, Malang (Y) terbukti atau diterima.