Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII di SMP Negeri 5 Wonosari Satap Kabupaten Boalemo

Main Author: TITIN ALI PALAPA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Ips
Di
5
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408039/meningkatkan-hasil-belajar-siswamelalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-student-teams-achievementdivisions-stad-pada-mata-pelajaran-ips-ekonomi-kelas-viii-di-smpnegeri-5-wonosari-satap-kabupaten-boalemo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Titin Ali Palapa 211 408 039. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII di SMP Negeri 5 Wonosari Satap Kabupaten Boalemo. Skripsi Konsentrasi Pendidikan Perkantoran Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd, dan Pembimbing II Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Wonosari Satap. Berdasarkan hasil penelitian, pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap siklus. Kemudian data dianalisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Berdasarkan analisis data maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi, yakni pada Siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 68,9% dan ketuntasan klasikal sebesar 45%. Pada Siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,40% dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 85%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi jika guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe STAD maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Pada IPS Ekonomi di SMP Negeri 5 Satu Atap Wonosari Kabupaten Boalemo dapat diterima Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)