PENGARUH EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK KARTU SHAR-E PADA BANK MUAMALAT INDONESIA BUAH BATU-BANDUNG
Main Author: | Taufik Senjaya, Ivan |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed |
Terbitan: |
Universitas Komputer Indonesia
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikom.ac.id/7714/ http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-s1-2006-ivantaufik-3143 |
Daftar Isi:
- Bank Muamalat yang bertempat di Buah Batu merupakan salah satu Cabang Bank Muamalat di daerah Bandung. Pemasaran produk kartu Shar-e di wilayah Bandung senantiasa ditingkatkan untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Bank Muamalat telah mampu menciptakan dan membangun ekuitas merek Kartu Shar-e yang kuat di benak konsumennya, karena dengan ekuitas merek yang kuat dapat mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap Kartu Shar-e. Maka dari itu penulis mengambil judul penelitian ini dengan judul “ Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Kartu Shar-E Bank Muamalat Buah Batu Bandung”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tanggapan dari responden terhadap ekuitas merek dan proses keputusan pembelian serta mengetahui besarnya pengaruh dari ekuitas merek terhadap proses keputusan pembelian kartu Shar-e pada Bank Muamalat di Buah Batu Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam mendapatkan data adalah metode penelitian deskriptif dan metode verifikatif dengan pengolahan data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman, dimana untuk memudahkan dalam proses pengolahan data penulis menggunakan Software SPSS 11.5 for Windows, Koofesien determinasi dan pengujian hipotesis untuk menentukan signifikasi dari Jumlah populasi yang berjumlah 4.819 orang dengan pengambilan sampel dari penelitian ini sebanyak 100 orang. Dari hasil wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada responden diketahui ekuitas merek dan proses keputusan pembelian dari konsumen tinggi dengan korelasi sedang dan searah sebesar 34,81% secara signifikan. Kata Kunci : Ekuitas Merek (Brand Equity) dan Proses Keputusan Pembelian