PENGARUH MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA BERKEMAMPUAN AKADEMIK BERBEDA DI KELAS VIII SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019
Main Author: | DANI JAYA PUTRA, 1413024021 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/54860/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/54860/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/54860/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/54860/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari penggunaan model pembelajaran ADI terhadap keterampilan argumentasi siswa; signifikansi pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan argumentasi siswa; signifikansi pengaruh interaksi antara model pembelajaran ADI dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan argumentasi siswa. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Unit perlakuan yang digunakan adalah faktorial 2x2. Faktor pertama adalah model pembelajaran (ADI dan Konvensional) dan faktor kedua adalah kemampuan akademik (atas dan bawah). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al–Azhar 3 Bandar Lampung yang berjumlah 253 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII E dan VIII G yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data keterampilan argumentasi siswa yang diperoleh dari nilai pretes dan postes. Sementara itu, data kualitatif berupa hasil observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan hasil analisis angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran ADI. Data kuantitatif dalam penelitian ini dianalisis secara statistik dengan uji ankova pada taraf nyata 5%. Uji lanjut dilakukan terhadap nilai pretes dan postes yaitu dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas dari nilai pretes dan postes. Uji homogenitas menggunakan Levene’s Test of Equality of Error Variances sedangkan uji normalitas menggunakan One Sample Kolmogorov Smirnov Test. Data keterlaksanaan sintaks pembelajaran serta data tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model ADI terhadap keterampilan argumentasi siswa dengan angka signifikansi sebesar 0,000. Keterampilan argumentasi siswa yang belajar dengan model ADI (71,25 ± 6,12) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar secara konvensional (34,75 ± 12,19). Sedangkan, kemampuan akademik tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi siswa dengan angka signifikansi sebesar 0,135. Interaksi antara model pembelajaran ADI dengan kemampuan akademik juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan argumentasi siswa dengan angka signifikansi sebesar 0,005. Kata Kunci: model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI), keterampilan argumentasi, kemampuan akademik.