PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PADAPELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X.1 DI SMA BINA MULYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
ctrlnum |
15723 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PADAPELAJARAN SEJARAH SISWA 
KELAS X.1 DI SMA BINA MULYA BANDAR LAMPUNG 
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
</title><creator>Anggun Puspawati, 1113033007</creator><subject>L Education (General) = Pendidikan </subject><description>Keberhasilan siswa dalam proses belajar-mengajar dapat dilihat dari nilai yang diperolehnya, terutama pada aspek kognitif. Berdasarkan penelitian pendahuluandi SMA Bina Mulya Bandar Lampunghanya 6 siswa yang nilainya mampu melewati KKM. Untuk mengatasi permasalhan tersebut, penelitian mencoba menggunakan model pembelajaran Team Quiz.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1.Apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Team Quiz terhadap peningkatan hasil belajar ranah Kognitif pada siswa kelas X.1pelajaran sejarahdi SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran2015/2016?2.Seberapa besar taraf signifikan pengaruh model pembelajaran Team Quizterhadap peningkatan hasil belajar ranah Kognitif pada siswa kelas X.1 pelajaran sejarah di SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Team Quizterhadap peningkatan hasil belajar ranah Kognitif pada siswa kelas X.1 pelajaran sejarah di SMA Bina MulyaBandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016, 2.Untuk mengetahui seberapa besar taraf signifikan Pengaruh Model Pembelajaran Team Quizterhadap peningkatan hasil belajar ranah Kognitif pada siswa kelas X.1 pelajaran sejarah di SMA Bina MulyaBandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X.1 yang terdiri dari 23 siswa. Adapun alat ukur yang digunakan peneliti yaitu tes soal sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitaf deskriptif yaitu dengan membandingkan hasil data pretest dan posttest dari populasi yang telah ditentukan

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1 Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Team Quizterhadap peningkatan hasil belajar ranah Kognitif pada siswa kelas X.1 pelajaran sejarah di SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. 2. Besar pengaruh Signifikan model Team Quizadalah sebesar 0,67 yang jika dimasukan kedalam interpretasi korelasi termasuk kedalam kategori “tinggi”.</description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2015-11-26</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/2/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/3/MENYETUJUI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/4/MENGESAHKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/5/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/7/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/7/MOTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/8/SANWACANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/9/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/10/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/11/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/12/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/13/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/16/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/14/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15723/15/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Anggun Puspawati, 1113033007 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PADAPELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X.1 DI SMA BINA MULYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/15723/</relation><recordID>15723</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
Anggun Puspawati, 1113033007 |
title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PADAPELAJARAN SEJARAH SISWA
KELAS X.1 DI SMA BINA MULYA BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2015/2016 |
publisher |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
publishDate |
2015 |
isbn |
9781113033000 |
topic |
L Education (General) = Pendidikan |
url |
http://digilib.unila.ac.id/15723/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/2/COVER%20DALAM.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/3/MENYETUJUI.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/4/MENGESAHKAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/5/PERNYATAAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/7/PERSEMBAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/7/MOTO.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/8/SANWACANA.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/9/DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/10/DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/11/BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/12/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/13/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/16/BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/14/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/15/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/15723/ |
contents |
Keberhasilan siswa dalam proses belajar-mengajar dapat dilihat dari nilai yang diperolehnya, terutama pada aspek kognitif. Berdasarkan penelitian pendahuluandi SMA Bina Mulya Bandar Lampunghanya 6 siswa yang nilainya mampu melewati KKM. Untuk mengatasi permasalhan tersebut, penelitian mencoba menggunakan model pembelajaran Team Quiz.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1.Apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Team Quiz terhadap peningkatan hasil belajar ranah Kognitif pada siswa kelas X.1pelajaran sejarahdi SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran2015/2016?2.Seberapa besar taraf signifikan pengaruh model pembelajaran Team Quizterhadap peningkatan hasil belajar ranah Kognitif pada siswa kelas X.1 pelajaran sejarah di SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Team Quizterhadap peningkatan hasil belajar ranah Kognitif pada siswa kelas X.1 pelajaran sejarah di SMA Bina MulyaBandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016, 2.Untuk mengetahui seberapa besar taraf signifikan Pengaruh Model Pembelajaran Team Quizterhadap peningkatan hasil belajar ranah Kognitif pada siswa kelas X.1 pelajaran sejarah di SMA Bina MulyaBandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X.1 yang terdiri dari 23 siswa. Adapun alat ukur yang digunakan peneliti yaitu tes soal sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitaf deskriptif yaitu dengan membandingkan hasil data pretest dan posttest dari populasi yang telah ditentukan
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1 Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Team Quizterhadap peningkatan hasil belajar ranah Kognitif pada siswa kelas X.1 pelajaran sejarah di SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. 2. Besar pengaruh Signifikan model Team Quizadalah sebesar 0,67 yang jika dimasukan kedalam interpretasi korelasi termasuk kedalam kategori “tinggi”. |
id |
IOS4198.15723 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:24:27Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:24:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096719671984128 |
score |
17.538404 |