PENGARUH TERPAAN INSTAGRAM BERSPONSOR TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan2013 )
Main Author: | Achyar, Arieny Syawaliah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/37079/1/jiptummpp-gdl-arienysyaw-50600-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/37079/2/jiptummpp-gdl-arienysyaw-50600-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/37079/3/jiptummpp-gdl-arienysyaw-50600-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37079/4/jiptummpp-gdl-arienysyaw-50600-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37079/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena belanja online di Indonesia yang menunjukkan tingkat pertumbuhan yang pesat seiring adanya fasilitas jejaring social. Instagram sebagai sosial media yang memudahkan masyarakat bukan hanya untuk berkomunikasi, mencari teman dan berbagi foto tetapi juga menjadi sarana promosi online. hal ini dikemukakan oleh AJPII Indonesia (2016) bahwa, sebanyak 82,2 juta orang menggunakan Internet untuk belanja secara online. Akibat dari fenomena di atas adalah terjadinya persaingan yang besar antar pihak-pihak pebisnis online shop untuk mempengaruhi konsumen, salah satunya adalah dengan beriklan di Instagram Bersponsor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan instagram berponsor terhadap keputusan konsumen membeli produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dasar survey. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek yaitu dengan teknik Simple random Sampling, teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas Kolmogorov Smirnov, linearitas, serta analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian terhadap 86 Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2013, dengan menetapkan taraf signifikansi sebesar 5% adalah diperoleh nilai t hitung sebesar 8,907 > t tabel 1,992 maka terdapat pengaruh signifikan antara variabel terpaan instagram bersponsor terhadap variabel keputusan konsumen membeli produk. Besarnya koefisian determinasi adalah sebesar 0,486 yang berarti instagram bersponsor memberikan pengaruh lumayan besar yakni sebesar 48,6% terhadap keputusan konsumen membeli produk. Pada uji regresi ditentukan persamaan Y=5,479 + 2,187x, artinya setiap kenaikan variabel terpaan instagram bersponsor sebesar 1% dapat menaikkan nilai keputusan konsumen membeli produk sebesar 2,187