PERENCANAAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU UNTUK MENGENALKAN POTENSI WISATA DAERAH MELALUI CITY BRANDING (Studi Pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang)

Main Author: ILMI, HANA ZAHROTUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/37004/1/jiptummpp-gdl-hanazahrot-51232-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37004/2/jiptummpp-gdl-hanazahrot-51232-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37004/3/jiptummpp-gdl-hanazahrot-51232-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37004/4/jiptummpp-gdl-hanazahrot-51232-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37004/
ctrlnum 37004
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/37004/</relation><title>PERENCANAAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU UNTUK MENGENALKAN POTENSI WISATA DAERAH MELALUI CITY BRANDING (Studi Pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang)</title><creator>ILMI, HANA ZAHROTUL</creator><subject>HE Transportation and Communications</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi atas fenomena kota dan kabupaten di Indonesia yang berlomba-lomba menciptakan konsep city branding. Melalui city branding Malang Kabupaten: The Heart of East Java, Kabupaten Malang berusaha untuk memperkenalkan potensi wisata daerah yang dimiliki. Hal ini perlu adanya perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang tepat agar tercapainya tujuan dari komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan strategi city branding dalam memperkenalkan potensi wisata daerah.&#xD; &#xD; Penelitian ini berisikan kajian tentang integrated marketing communication yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sedangkan, dasar penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan melakukan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan data dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini, dianalisis menggunakan triangulasi sumber dan metode yang berbeda.&#xD; &#xD; Kesimpulan penelitian ini bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang melakukan tahapan-tahapan perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang terintegrasi. Dimana tahapan tersebut meliputi review perencanaan pemasaran, melakukan analisis situasi, melakukan analisis proses komunikasi, melakukan pengangaran dana total, memilih bauran komunikasi pemasaran terpadu, dan melakukan perencanaan evaluasinya. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa kekurangan pada proses perencanaan pada tahapan analisis situasi untuk menentukan segmentasi pasar dan perencanaan evaluasinya. Sehingga rekomendasi yang diberikan adalah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan diharapkan dapat melakukan segmentasi pasar yang lebih spesifik untuk mempermudah dalam penyusunan pesan, pemilihan media, dan penentuan bauran komunikasi pemasaran, hingga ketahap penetapan anggaran dana sehingga lebih efektif penggunannya.</description><date>2018-02-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/37004/1/jiptummpp-gdl-hanazahrot-51232-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/37004/2/jiptummpp-gdl-hanazahrot-51232-2-babi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/37004/3/jiptummpp-gdl-hanazahrot-51232-3-babii.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/37004/4/jiptummpp-gdl-hanazahrot-51232-4-babiii.pdf</identifier><identifier> ILMI, HANA ZAHROTUL (2018) PERENCANAAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU UNTUK MENGENALKAN POTENSI WISATA DAERAH MELALUI CITY BRANDING (Studi Pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang). Undergraduate thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>37004</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ILMI, HANA ZAHROTUL
title PERENCANAAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU UNTUK MENGENALKAN POTENSI WISATA DAERAH MELALUI CITY BRANDING (Studi Pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang)
publishDate 2018
topic HE Transportation and Communications
url http://eprints.umm.ac.id/37004/1/jiptummpp-gdl-hanazahrot-51232-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37004/2/jiptummpp-gdl-hanazahrot-51232-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37004/3/jiptummpp-gdl-hanazahrot-51232-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37004/4/jiptummpp-gdl-hanazahrot-51232-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37004/
contents Penelitian ini dilatar belakangi atas fenomena kota dan kabupaten di Indonesia yang berlomba-lomba menciptakan konsep city branding. Melalui city branding Malang Kabupaten: The Heart of East Java, Kabupaten Malang berusaha untuk memperkenalkan potensi wisata daerah yang dimiliki. Hal ini perlu adanya perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang tepat agar tercapainya tujuan dari komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan strategi city branding dalam memperkenalkan potensi wisata daerah. Penelitian ini berisikan kajian tentang integrated marketing communication yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sedangkan, dasar penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan melakukan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan data dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini, dianalisis menggunakan triangulasi sumber dan metode yang berbeda. Kesimpulan penelitian ini bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang melakukan tahapan-tahapan perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang terintegrasi. Dimana tahapan tersebut meliputi review perencanaan pemasaran, melakukan analisis situasi, melakukan analisis proses komunikasi, melakukan pengangaran dana total, memilih bauran komunikasi pemasaran terpadu, dan melakukan perencanaan evaluasinya. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa kekurangan pada proses perencanaan pada tahapan analisis situasi untuk menentukan segmentasi pasar dan perencanaan evaluasinya. Sehingga rekomendasi yang diberikan adalah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan diharapkan dapat melakukan segmentasi pasar yang lebih spesifik untuk mempermudah dalam penyusunan pesan, pemilihan media, dan penentuan bauran komunikasi pemasaran, hingga ketahap penetapan anggaran dana sehingga lebih efektif penggunannya.
id IOS4109.37004
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2018-07-10T04:41:51Z
last_indexed 2018-07-10T04:41:51Z
recordtype dc
_version_ 1675924415968182272
score 17.538404