PENERAPAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL YAMAHA CAHAYA MOTOR TULUNGAGUNG
Main Author: | Santoso, Dony Budi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31448/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-donybudisa-23710-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/31448/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-donybudisa-23710-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/31448/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan sektor jasa yang lebih mendapatkan peluang sebagai jasa pelayanan potensial adalah bengkel. Bengkel Yamaha Cahaya Motor memiliki peralatan dan persediaan onderdil yang lengkap demi memberi pelayanan yang terbaik bagi pelanggan yang membutuhkan perbaikan pada kendaraannya. Namun dalam persaingan merebut pangsa pasar antara bengkel motor yang lain yang ada di Kota Tulungagung Bengkel Yamaha Cahaya Motor belum bisa dikatakan maksimal. Sarana dan prasarana yang lengkap bukan segalanya dalam memenangkan persaingan untuk merebut pangsa pasar namun juga harus bisa memberikan kinerja yang baik terhadap pelanggan. Salah satu strategi untuk dapat bersaing dengan bengkel lain adalah dengan selalu menjaga serta meningkatkan kualitas pelayanan. Metode QFD (Quality Function Deployment) dapat dijadikan altrnatif cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Metode ini dilakukan dengan didasarakan pada suara konsumen. Hasil analisis metode QFD ini akan dibentuk dalam sebuah rumah kualitas (HOQ) . dari analisis QFD diketahui bahwa kualitas pelayanan bengkel Yamaha Cahaya Motor masih belum memuaskan pelanggan. Atribut yang kurang memuaskan adalah Memberi perhatian yang lebih terhadap pelanggan. Hal yang dapat dilakukan dilakukan berkaitan dengan atribut yang kurang memuaskan tersebut (respon teknis) adalah dengan memberi salam dan mepersilahkan pelanggan untuk duduk saat menunggu motor akan diservis