PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA RESTORAN MIE JOGJA PAK KARSO DI JLN. ARJUNO KOTA MALANG)

Main Author: Widyawati, Emha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29636/1/jiptummb--emhawidyaw-28170-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29636/2/jiptummb--emhawidyaw-28170-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29636/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pelanggan, dan mengetahui variabel yang memiliki kontribusi terbesar dari bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pelanggan Restoran Mie Jogja Pak Karso di Jln. Arjuno Kota Malang. Lokasi penelitian di Restoran Mie Jogja Pak Karso yang berada di Jln. Arjuno No. 2A Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kausal. Penelitian ini mengambil data dari 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling atau judgmental sampling. Instrumen pengumpulan data primer yang digunakan adalah kuisoner, sedangkan pengumpulan data sekunder melalui wawancara dan dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan regresi logistik. Hasil analisis regresi logistik memperoleh hasil bahwa bauran pemasaran jasa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 69,4% sedangkan sisanya sebesar 30,6% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel yang memiliki kontribusi terbesar dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah variabel produk, dengan nilai beta terbesar diantara variabel lainya yaitu 4,479. Kesimpulan yang diperoleh adalah bauran pemasaran jasa berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Secara parsial hanya variabel produk yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel produk juga memiliki kontribusi terbesar terhadap kepuasan pelanggan.