ANALISIS TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM RANGKA PENINGKATAN PENDAPATAN OPERASIONAL (Studi Kasus Unit Produk pada PERUM JasaTirta 1, Kepanjen, Malang)

Main Author: Hardiyati, Dita Fitari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/14990/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan sebuah penelitian komperatif pada PERUM Jasa Tirta 1, Kepanjen, Malang dengan judul “Analisis Total Quality Managemnet (TQM) Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Operasional (Studi Kasus Unit Produk pada PERUM Jasa Tirta 1, Kepanjen, Malang)”. Jenis penelitian ini adalah komperatif pada data sekunder-primer. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan Total Quality Management (TQM) pada PERUM Jasa Tirta 1, Kepanjen, Malang telah memadai dengan melaksanakan 10 unsur Total Quality Management (TQM) dan dampak penerapan Total Quality Management (TQM) terhadap peningkatan pendapatan opersional perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan data sekunder-primer, semua data yang didapat dari hasil penelitian akan dikumpulkan, diidentifikasi lalu di interprestasikan ke dalam data tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan Total Quality Managent (TQM) pada PERUM Jasa Tirta 1, Kepanjen, Malang telah memadai dengan adanya pelaksanaan 10 unsur Total Quality Management (TQM) dengan baik dan penerapan Total Quality Management (TQM) pada PERUM Jasa Tirta 1, Kepanjen, Malang dapat meningkatkan pendapatan operasional perusahaan karena terdapat faktor pelaksanaan 10 unsur pokok Total Quality Management (TQM) yaitu fokus terhadap pelanggan, obsesi terhadap kualitas, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikkan dan pelatihan, kebebasan yang terkendali, kesatuan tujuan, adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan yang dilakukan oleh PERUM Jasa Tirta 1, Kepanjen, Malang dengan baik.