ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN KRIPIK TEMPE “ABADI” MALANG

Main Author: Dyah Kusumawati, Pungky
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/10655/1/ANALISIS_STRATEGI__PEMASARAN_DALAM_UPAYA_MENINGKATKAN_VOLUME_PENJUALAN_PADA_PERUSAHAAN_KRIPIK_TEMPE.pdf
http://eprints.umm.ac.id/10655/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian yang lakukan ini adalah study kasus, dimana dalam pengumpulan, pengambilan dan menganalisis data dilaksanakan dengan mengadakan pengamatan secara langsung ke obyek penelitian dengan maksud agar supaya data yang diperoleh dan keterangan yang lengkap sesuai dengan masalah yang dihadapi dengan judul “ Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Kripik Tempe “Abadi” Malang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan volume penjualan pada Perusahaan Keripik Tempe “Abadi” Malang. Kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi perusahaan yaitu penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada perusahaan, yaitu berupa hasil analisa alternatif strategi khususnya mengenai strategi pemasaran, identifikasi peluang bisnis yang baru, pemantauan lingkungan perusahaan, serta tinjauan dan evaluasi kinerja strategis. Metode analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis lingkungan eksternal dan lingkungan internal. Hasil analisis menunjukkan bahwa untuk menghadapi persaingan yang cukup ketat maka perusahaan harus mempunyai suatu kebijakan dan berusaha memanfaatkan dan menerapkan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Dari analisa lingkungan eksternal dan internal dapat diketahui strategi yang tepat untuk perusahaan kripik tempe abadi adalah strategi penetrasi pasar dan strategi perluasan pasar, yang bertujuan untuk meningkatkan posisi volume penjualan perusahaan yang berhubungan dengan produk dan pasar yang dihadapi. Dengan strategi meningkatkan saluran distribusi, promosi, kulitas,dan jenis produk serta menambah sarana transportasi diharapkan perusahaan kripik tempe Abadi akan mengalami peningkatan volume penjualan. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, maka penulis memberikan beberapa saran antara lain: hendaknya perusahaan selalu berusaha untuk meningkatkan mutu dan kualitas produk itu sendiri. Dalam penetapan harga alangkah baiknya kalau perusahaan mau untuk melakukan perubahan atau tambahan sedikit berkaitan dengan harga. Diharapkan perusahaan untuk meningkatkan intensitas promosi yang dilakukan perusahaan sehingga dapat menambah atau membantu meningkatkan penjualan. Diharapkan perusahaan dapat melakukan strategi pengembangan pasar yaitu dengan cara melakukan perluasan saluran distribusi, karena selama ini saluran distribusi dianggap kurang efektif karena hanya berada dalam wilayah 4 kota besar saja, yaitu Surabaya, Malang, Sidoarjo, dan Jakarta. Diharap dengan adanya perluasan saluran distribusi diharap perusahaan dapat meningkatkan penjualan dengan cara perluasan saluran distribusi.