Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia(Kuasi Eksperimen di Kelas V MI MA Pusat Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang)

Main Author: RAHMADIANI, AMBAR
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/2143/1/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2143/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2143/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2143/5/BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2143/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2143/3/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2143/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2143/
ctrlnum 2143
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/</relation><title>Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia(Kuasi Eksperimen di Kelas V MI MA Pusat Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang)</title><creator>RAHMADIANI, AMBAR</creator><subject>407 Pendidikan, penelitian &amp; topik terkait </subject><description>Proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif tidak terlepas dari &#xD; peran guru yang selalu membimbing&#xD; siswa untuk mencapai hasil belajar yang &#xD; optimal dan bermakna. Oleh karena itu, guru memiliki peran yang sangat &#xD; penting untuk mencapai pembelajaran yang bermakna. Rumusan masalah &#xD; dari penelitian ini adalah 1) &#xD; Apakah model pembelajaran sinektik berbantuan &#xD; m&#xD; edia audio visual berpengaruh terhadap pembelajaran IPS materi Kegiatan &#xD; Ekonomi di Indonesia? &#xD; 2) &#xD; Bagaimana hasil belajar siswa materi Kegiatan &#xD; Ekonomi di Indonesia dengan menggunakan model sinektik berbantuan &#xD; media audio visual? &#xD; Penelitian ini bertujuan &#xD; Un&#xD; tuk mengetahui pengaruh &#xD; model sinektik berbantuan media audio visual terhadap pembelajaran IPS &#xD; materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dan untuk mengetahui hasil belajar &#xD; siswa pada pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dengan &#xD; menggunakan mod&#xD; el sinektik berbatuan media audio visual. &#xD; Metode penelitian yang digunakan adalah &#xD; kuasi eksperimen&#xD; dengan &#xD; desain &#xD; non equevalent group design&#xD; . &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa &#xD; penerapan &#xD; model pembelajaran &#xD; sinektik berbantuan media audio visual &#xD; pada materi IPS &#xD; kegiatan ekonomi di &#xD; Indonesia &#xD; pada siswa kelas V MI &#xD; M&#xD; athlaul Anwar &#xD; Pusat &#xD; kategori sangat baik&#xD; (82%)&#xD; , dengan &#xD; nilai rata&#xD; -&#xD; rata &#xD; pretest &#xD; sebesar 45.5&#xD; sedangkan hasil belajar&#xD; post &#xD; test &#xD; sebesar 72.5&#xD; . &#xD; Hasil &#xD; uji statistik dengan menggunakan uji t p&#xD; ada &#xD; pre test &#xD; dan &#xD; post test &#xD; diperoleh t &#xD; hitung&#xD; sebesar 24.441&#xD; dan diketahui bahwa pengaruh &#xD; penerapan &#xD; model sinektik berbantuan media audio visual &#xD; tersebut adalah &#xD; signifi&#xD; kan dengan taraf 5% adalah 2.086&#xD; atau t&#xD; hitung&#xD; &gt; t&#xD; tabel &#xD; (24.441&#xD; &gt; 2.0&#xD; 8&#xD; 6) &#xD; yang artinya H&#xD; o &#xD; ditolak dan H&#xD; a&#xD; diterima&#xD; . Oleh karena itu, dapat disimpulkan &#xD; bahwa &#xD; penerapan &#xD; model sinektik berbantuan media audio visual &#xD; berpengaruh &#xD; terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V materi &#xD; kegiatan ekonomi di &#xD; Indonesia.</description><date>2018-05-09</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/1/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/3/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> RAHMADIANI, AMBAR (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia(Kuasi Eksperimen di Kelas V MI MA Pusat Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten. </identifier><recordID>2143</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RAHMADIANI, AMBAR
title Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia(Kuasi Eksperimen di Kelas V MI MA Pusat Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang)
publishDate 2018
topic 407 Pendidikan
penelitian & topik terkait
url http://repository.uinbanten.ac.id/2143/1/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2143/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2143/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2143/5/BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2143/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2143/3/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2143/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2143/
contents Proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif tidak terlepas dari peran guru yang selalu membimbing siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan bermakna. Oleh karena itu, guru memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai pembelajaran yang bermakna. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Apakah model pembelajaran sinektik berbantuan m edia audio visual berpengaruh terhadap pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia? 2) Bagaimana hasil belajar siswa materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dengan menggunakan model sinektik berbantuan media audio visual? Penelitian ini bertujuan Un tuk mengetahui pengaruh model sinektik berbantuan media audio visual terhadap pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dengan menggunakan mod el sinektik berbatuan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non equevalent group design . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran sinektik berbantuan media audio visual pada materi IPS kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V MI M athlaul Anwar Pusat kategori sangat baik (82%) , dengan nilai rata - rata pretest sebesar 45.5 sedangkan hasil belajar post test sebesar 72.5 . Hasil uji statistik dengan menggunakan uji t p ada pre test dan post test diperoleh t hitung sebesar 24.441 dan diketahui bahwa pengaruh penerapan model sinektik berbantuan media audio visual tersebut adalah signifi kan dengan taraf 5% adalah 2.086 atau t hitung > t tabel (24.441 > 2.0 8 6) yang artinya H o ditolak dan H a diterima . Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model sinektik berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V materi kegiatan ekonomi di Indonesia.
id IOS3645.2143
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2018-11-24T07:15:11Z
last_indexed 2018-11-24T07:15:11Z
recordtype dc
_version_ 1765163621318393856
score 17.538404