Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia(Kuasi Eksperimen di Kelas V MI MA Pusat Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang)
ctrlnum |
2143 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/</relation><title>Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia(Kuasi Eksperimen di Kelas V MI MA Pusat Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang)</title><creator>RAHMADIANI, AMBAR</creator><subject>407 Pendidikan, penelitian & topik terkait </subject><description>Proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif tidak terlepas dari 
peran guru yang selalu membimbing
siswa untuk mencapai hasil belajar yang 
optimal dan bermakna. Oleh karena itu, guru memiliki peran yang sangat 
penting untuk mencapai pembelajaran yang bermakna. Rumusan masalah 
dari penelitian ini adalah 1) 
Apakah model pembelajaran sinektik berbantuan 
m
edia audio visual berpengaruh terhadap pembelajaran IPS materi Kegiatan 
Ekonomi di Indonesia? 
2) 
Bagaimana hasil belajar siswa materi Kegiatan 
Ekonomi di Indonesia dengan menggunakan model sinektik berbantuan 
media audio visual? 
Penelitian ini bertujuan 
Un
tuk mengetahui pengaruh 
model sinektik berbantuan media audio visual terhadap pembelajaran IPS 
materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dan untuk mengetahui hasil belajar 
siswa pada pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dengan 
menggunakan mod
el sinektik berbatuan media audio visual. 
Metode penelitian yang digunakan adalah 
kuasi eksperimen
dengan 
desain 
non equevalent group design
. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 
penerapan 
model pembelajaran 
sinektik berbantuan media audio visual 
pada materi IPS 
kegiatan ekonomi di 
Indonesia 
pada siswa kelas V MI 
M
athlaul Anwar 
Pusat 
kategori sangat baik
(82%)
, dengan 
nilai rata
-
rata 
pretest 
sebesar 45.5
sedangkan hasil belajar
post 
test 
sebesar 72.5
. 
Hasil 
uji statistik dengan menggunakan uji t p
ada 
pre test 
dan 
post test 
diperoleh t 
hitung
sebesar 24.441
dan diketahui bahwa pengaruh 
penerapan 
model sinektik berbantuan media audio visual 
tersebut adalah 
signifi
kan dengan taraf 5% adalah 2.086
atau t
hitung
> t
tabel 
(24.441
> 2.0
8
6) 
yang artinya H
o 
ditolak dan H
a
diterima
. Oleh karena itu, dapat disimpulkan 
bahwa 
penerapan 
model sinektik berbantuan media audio visual 
berpengaruh 
terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V materi 
kegiatan ekonomi di 
Indonesia.</description><date>2018-05-09</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/1/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/3/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2143/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> RAHMADIANI, AMBAR (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia(Kuasi Eksperimen di Kelas V MI MA Pusat Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten. </identifier><recordID>2143</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RAHMADIANI, AMBAR |
title |
Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia(Kuasi Eksperimen di Kelas V MI MA Pusat Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang) |
publishDate |
2018 |
topic |
407 Pendidikan penelitian & topik terkait |
url |
http://repository.uinbanten.ac.id/2143/1/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2143/2/BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2143/4/BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2143/5/BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2143/6/BAB%20IV.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2143/3/BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2143/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2143/ |
contents |
Proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif tidak terlepas dari
peran guru yang selalu membimbing
siswa untuk mencapai hasil belajar yang
optimal dan bermakna. Oleh karena itu, guru memiliki peran yang sangat
penting untuk mencapai pembelajaran yang bermakna. Rumusan masalah
dari penelitian ini adalah 1)
Apakah model pembelajaran sinektik berbantuan
m
edia audio visual berpengaruh terhadap pembelajaran IPS materi Kegiatan
Ekonomi di Indonesia?
2)
Bagaimana hasil belajar siswa materi Kegiatan
Ekonomi di Indonesia dengan menggunakan model sinektik berbantuan
media audio visual?
Penelitian ini bertujuan
Un
tuk mengetahui pengaruh
model sinektik berbantuan media audio visual terhadap pembelajaran IPS
materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dan untuk mengetahui hasil belajar
siswa pada pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dengan
menggunakan mod
el sinektik berbatuan media audio visual.
Metode penelitian yang digunakan adalah
kuasi eksperimen
dengan
desain
non equevalent group design
.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan
model pembelajaran
sinektik berbantuan media audio visual
pada materi IPS
kegiatan ekonomi di
Indonesia
pada siswa kelas V MI
M
athlaul Anwar
Pusat
kategori sangat baik
(82%)
, dengan
nilai rata
-
rata
pretest
sebesar 45.5
sedangkan hasil belajar
post
test
sebesar 72.5
.
Hasil
uji statistik dengan menggunakan uji t p
ada
pre test
dan
post test
diperoleh t
hitung
sebesar 24.441
dan diketahui bahwa pengaruh
penerapan
model sinektik berbantuan media audio visual
tersebut adalah
signifi
kan dengan taraf 5% adalah 2.086
atau t
hitung
> t
tabel
(24.441
> 2.0
8
6)
yang artinya H
o
ditolak dan H
a
diterima
. Oleh karena itu, dapat disimpulkan
bahwa
penerapan
model sinektik berbantuan media audio visual
berpengaruh
terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V materi
kegiatan ekonomi di
Indonesia. |
id |
IOS3645.2143 |
institution |
IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
institution_id |
609 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
library_id |
672 |
collection |
Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
repository_id |
3645 |
subject_area |
Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Islamic History/Sejarah Islam Tafsir Al-Qur'an |
city |
SERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3645 |
first_indexed |
2018-11-24T07:15:11Z |
last_indexed |
2018-11-24T07:15:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765163621318393856 |
score |
17.538404 |