ANALISIS KUALITAS LAYANAN TERHADAP SISWA SMA NEGERI 1 LAWANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERQUAL (SERVICE QUALITY) DAN QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT)

Main Authors: Haryanto, Sony, Utomo, Addy
Format: Book Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: ITN Malang , 2012
Subjects:
QFD
Online Access: http://repository.itn.ac.id/repositoryitn/index.php?p=show_detail&id=13797
Daftar Isi:
  • Penelitian ini pada dasarnya adalah ingin mengukur seberapa besar kesenjangan yang terjadi antara kepuasan siswa dalam hal layanan yang telah diberikan oleh SMA NEGERI 1 Lawang (SMANELA) dengan layanan yang mereka harapkan. Untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa atas pelayanan yang diberikan oleh SMANELA, serta ingin memberikan usulan action plan untuk peningkatan kualitas layanan di sekolah. Dari hasil analisis dengan menggunakan metode SERVQUAL, terdapat tiga dimensi yang terjadi sebuah gap/kesenjangan negatif di seluruh dimensi dan hal ini harus diperhatikan oleh pihak sekolah karena merupakan harapan dari para siswa. Kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan oleh sekolah adalah berdasarkan hasil analisis servqual secara keseluruhan kualitas pelayanan yang diberikan oleh SMANELA adalah baik, dimana hal ini ditunjukkan dengan nilai kualitas yang mendekati 1 yaitu Q = 0,956 (Q < 1). Kesenjangan yang terjadi antara kepuasan siswa mengenai layanan yang telah diberikan oleh sekolah dengan layanan yang mereka harapkan adalah masih tinggi harapan siswa daripada kenyataan yang diberikan oleh SMANELA. Disini terdapat kesenjangan dari seluruh dimensi yang terbersar dari kelima dimensi tersebut adalah dimensi tangible, yang memiliki gap sebesar 0,425. Peningkatan kualitas pelayanan di SMANELA dengan metode Quality Function Deployment (QFD) adalah berdasarkan masing-masing variabel perlu ditingkatkan.
  • 9 page