Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas PelangganKFC Surya Sumantri Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan KFC Surya Sumantri Bandung (Studi pada mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha). Latar belakang dari penelitian ini karena terjadinya penurunan dan kenaikan jumlah konsumsi KFC yang fluktuatif dari tahun 2012- 2017 di indonesia. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan KFC Surya Sumantri Bandung. Berdasarkan dari tujuan penelitian, maka jenis penelitian ini adalah kausal eksplanatori yaitu hubungan sebab akibat dimana dalam hal ini yang menjadi sebab adalah variabel kualitas layanan dan yang menjadi akibat adalah variabel loyalitas pelanggan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan metode Purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha yang pernah membeli KFC, sementara kriteria sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha yang pernah membeli KFC Surya Sumantri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan kuesioner yang diisi oleh 115 responden oleh mahasiwa fakultas ekonomi Universitas Kristen Maranatha Bandung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Hasil analisis data menunjukkan kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan KFC Surya Sumantri Bandung. Besar Nilai Adjusted R2 menunjukkan pengaruh simultan antara kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 51.90% dan sedangkan sisanya sebesar 48.10% dipengaruhi oleh faktor lain.