Usulan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis Bauran Pemasaran terhadap Kesesuaian Produk Bank Syariah dengan Ajaran Agama Islam (Studi Kasus: Bank Syariah Mandiri-Cabang Ahmad Yani Bandung)
Main Authors: | Ramdhani, Fachry, Suryadi, Arif |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Terbitan: |
Maranatha Christian University Press
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.maranatha.edu/23289/1/Integra%20Vol%204%20No.2.pdf http://repository.maranatha.edu/23289/ |
Daftar Isi:
- Ketidaksesuaian produk bank syariah dengan ajaran agama Islam dapat sangat mempengaruhi besar pangsa paasr yang ada bagi industri perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kesesuaian produk bank syariah dengan ajaran agama Islam, mengetahui kesenjangan persepsi konsumen dengan ekspektasi konsumen, mengetahui kesenjangan persepsi bank syariah dengan harapan konsumen, serta mendeskripsikan strategi pemasaran yang perlu ditawarkan kepada konsumen agar dapat meningkatkan pangsa pasar dengan menggunakan analisis bauran pemasaran dan melibatkan 115 nasabah dan 3 pihak manajemen Bank Syariah Mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bank Syariah Mandiri yang memakai sistem titipan, bagi hasil, dan sewa belum sesuai dengan ajaran agama Islam menurut persepsi konsumen. Di samping itu, Bank Syariah Mandiri belum memenuhi harapan nasabah sebanyak 27 variabel, serta diketahui bahwa kesenjangan persepsi pihak manajemen sebagai objek penelitian dan ekspektasi konsumen terjadi pada variabel unit pelayanan atau pun kantor cabang yang tersebar luas dan jaringan ATM yang tersebar luas.