Daftar Isi:
  • Dewasa ini kebutuhan akan kendaraan baik motor ataupun mobil sangatlah tinggi dimana kebanyakan orang mulai memerlukan kendaraan baik untuk bepergian jarak dekat maupun jarak jauh. Perbandingan jumlah peningkatan akan permintaan motor dan mobil yang terlihat mulai mendekati sama. Dimana dengan kondisi saat ini, cuaca tidak menentu dan banjir dimana-mana mengakibatkan kendaraan seperti motor maupun mobil harus diperiksa secara berkala untuk menghindari dan meminimalisir kerusakan kendaraan yang terjadi akibat hal tersebut. Keadaan tersebut merupakan bukti bahwa adanya peluang bisnis yang terbuka lebar bagi jasa perbengkelan khusus bengkel motor dan mobil. Seiring dengan berjalannya waktu pelaku bisnis di bidang jasa bengkel inipun semakin menjamur dengan bermacam-macam harga dan pelayanan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kepuasan pelanggan dan retensi pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di Bengkel Motor dan Mobil Jaya Motor Bandung. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 300 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Alat uji instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Dan alat analisis pada penelitian ini menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah kepuasan pelanggan dan retensi pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Bengkel Motor dan Mobil Jaya Motor Bandung.