Daftar Isi:
  • Perilaku konsumen pada umumnya terbentuk berdasarkan pengalaman pribadi, saran dari orang lain / teman-teman serta dari komunikasi yang disampaikan melalui media elektronik. Seseorang dapat berbagi pengalaman, melakukan review produk serta berinteraksi dengan pelanggan lainnya melalui media social, bentuk komunikasi seperti ini bisa disebut dengan word of mouth. Electronic word of mouth melalui media sosial dilakukan dengan cara memberi review produk, memberikan rekomendasi kepada konsumen lain atau hanya sekedar berbagi pengalaman. electronic word of mouth dilakukan oleh konsumen lainnya dan konsumen menilai bahwa konsumen yang memberikan sebuah informasi tidak mengambil keuntungan finansial sehingga informasi tersebut layak untuk dipercaya. Berbeda halnya ketika informasi tersebut diberikan oleh perusahaan, maka terdapat tendensi untuk mengambil keuntungan dari perusahaan dengan informasi yang diberikan tersebut. Melalui penelitian ini, peneliti mencoba meneliti tentang “Pengaruh eWOM terhadap Brand Equity pada Media Sosial di Kalangan Mahasiswa (Studi pada Handphone Merek Samsung)” sebagai objek penelitian yang berjumlah 120 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan eWOM pada Media Sosial di kalangan mahasiswa sudah berjalan dengan baik, Brand Equity pada Media Sosial di kalangan mahasiswa masih kurang baik, dan pengaruh eWOM terhadap brand equity handphone Merek Samsung pada Media Sosial di kalangan mahasiswa sebesar 26,6%, sedangkan sisanya sebesar 73,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar eWOM.