Pengaruh Percieved Quality dan Customer Based Brand Equity pada Kesediaan Membayar Harga Premium dan Loyalitas (Studi pada: Konsumen Smartphone Produk Apple)
Daftar Isi:
- Perilaku konsumen sangat unik dan kompleks membuat cara pandang terhadap produk dan jasa berbeda-beda. Perusahaan harus membuat strategi pemasaran agar konsumen loyal dan bersedia membayar harga premium pada produk perusahaan. Strategi yang dikembangkan tidak hanya berfokus pada atribut kualitas produk saja namum harus memperhatikan atribut non-kualitas produk melalui customer based brand equity. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand awareness, quality, uniqueness, CSR ̧ social image dan country of origin pada kesediaan membayar harga premium dan loyalitas. Jenis penelitian ini causal explanatory dengan teknik pengumpulan data melalui survei dengan menggunakan kuesioner dan menggunakan metode regresi linier berganda yang diuji menggunakan SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh quality, uniqueness, CSR, social image pada kesediaan membayar harga premium dan brand awareness, quality, uniqueness, CSR, social image berpengaruh pada loyalitas. Diharapkan perusahaan dapat menjadi hebat, berkelanjutan dan menguntungkan dalam jangka panjang melalui pengembangan strategi yang tidak berfokus pada kualitas saja namum juga pada non-kualitas melalui customer based brand equity sehingga konsumen akan loyal dan bersedia membayar harga premium pada produk perusahaan.