Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi green marketing berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, serta seberapa besar pengaruh strategi green marketing terhadap loyalitas pelanggan Starbucks di Bandung. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah strategi green marketing sebagai variabel independen. Sedangkan loyalitas pelanggan sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Starbucks di Bandung. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsumen Starbucks yang melakukan pembelian ulang lebih dari satu kali di Bandung yang berjumlah 180 orang. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver.20.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi green marketing berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan Starbucks di Bandung. Jadi semkin tinggi penerapan strategi green marketing, makan akan semakin tinggi pula loyalitas pelanggan. Sedangkan besarnya strategi green marketing dalam memberikan konstribusi pengaruh terhadap loyalitas pelanggan sebesar 25,9%.