Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Di Hotel Apita Green, Cirebon
Daftar Isi:
- Kegiatan pariwisata merupakan salah satu indicator yang penting bagi perekonomian suatu Negara, dimana dengan adanya pariwisata maka pendapatan perkapita suatu Negara akan meningkat / menurun. Hal ini dapat dilihat bahwa kehidupan pariwisata sekarang ini sudah semakin maju dan tuntutan para konsumen akan kebutuhan pariwisata juga semakin tinggi. Bisnis perhotelan merupakan salah satu hal yang mendukung kegiatan pariwisata dan telah menjadi suatu kebutuhan bagi semua kalangan yang mampu, khususnya untuk mandapatkan kenyamanan disaat mengadakan perjalanan liburan. Oleh sebab itu, para pengusaha perhotelan harus berusaha semaksimal mungkin memberikan serta menyediakan palayanan yang berkualitas. Dalam industri jasa khususnya hotel. Kualitas pelayanan merupakan suatu hal yang sangat penting yang akan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Oleh sebab itu pemberi jasa berusaha memberikan layanan yang baik sehingga dapat memuaskan konsumennya. Akan tetapi mereka harus memperhatikan hal-hal yang mungkin terjadi pada saat jasa tersebut diberikan yang akan menyebabkan ketidakpuasan bagi konsumennya. Dalam hal ini penulis meneliti tentang hubungan kualitas pelayanan dengan keuasan konsumen. Untuk menilai kualitas layanan ini penulis menggunakan lima dimensi service quality, yaitu : tangibles, reliability, responsiveness, assurance, emphaty. Hotel Apita Green merupakan salah satu perusahaan jasa dibidang perhotelan yang menyediakan jasa penginapan, yang memberikan kepuasan pada konsumennya. Selain itu Hotel Apita Green merupakan perusahaan yang memberikan fasilitasfasilitas hiburan sepert : River pool and whire pool, “Mithas” pub karauke & resto, dan fasilitas hiburan lainnya. Dari hasi perhitungan dan pengolahan data dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 11.5 dapat disimpulkan bahwa hubungan antara Kualitas pelayanan dengan Kepuasan konsumen mempunyai hubungan yang kuat. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan korelasi Rank Spearman yaitu rs = 0.693 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin besar kualitas pelayanan yang dimiliki perusahaan, akan memungkinkan meningkatkan kepuasan pelanggan/ konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, hendaknya perusahaan harus lebih memperhatikan lagi kualitas pelayanan yang dimiliki agar dapat meningkatkan kepuasan konsumennya.