Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kesetiaan Pelanggan Di Kantin Remaja Bandung
Daftar Isi:
- Dunia bisnis terus berputar selama kehidupan ini tetap ada. Begitu juga dengan bisnis jasa yang tidak kalah berkembangnya dengan bisnis barang, kita bisa melihat perkembangannya dengan banyaknya bisnis jasa yang ada seperti salon, panti pijat, rumah makan, konsultasi kesehatan dan banyak bisnis jasa lainnya. Melihat perkembangan dunia bisnis yang sangat pesat maka para pebisnis harus mulai memperhatikan dan melayani konsumen dengan sangat baik agar kelangsungan bisnis perusahaan bisa tercipta dengan adanya konsumen yang setia atau loyal terhadap perusahaan. Salah satu jenis perusahaan jasa adalah restoran atau rumah makan, disamping menawarkan berbagai macam makanan dan minuman, rumah makan juga menawarkan sisi pelayanan kepada konsumen. Dalam penelitian ini penulis akan melakukan penelitian di Kantin Remaja Bandung. Topik yang diangkat oleh penulis adalah “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kesetiaan Pelanggan di Kantin Remaja Bandung” Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang pernah mengunjungi dan makan di Kantin Remaja Bandung, dalam melakukan penelitian ini penulis mengolah data dengan melakukan uji validitas, reliabilitas dan metode regresi berganda untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel- variabel kualitas terhadap kesetiaan pelanggan dengan menggunakan program SPSS versi 11.5. Berdasarakan hasil pengujiannya maka di peroleh hasil bahwa kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsive, assurance dan emphaty) berpengaruh terhadap kesetiaan pelanggan sebesar 40.6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor selain kualitas. Dimesi yang paling berpengaruh dengan kuat adalah emphaty dan tangible, untuk dimensi lainnya juga memilki pengaruh tetapi kurang signifikan dibandingkan dua variabel tersebut.