Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Brand Characteristic dan Consumer-Brand Characteristic terhadap loyalitas merek (Brand Loyalty) pada pengguna Iphone. Dalam penelitian ini, menggunakan jenis penelitian Causal explanatory. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan non probability sampling dengan prosedur purposive sampling. Dengan mengambil sampel 147 responden. Responden tersebut merupakan responden yang menggunakan Iphone. Data-data yang ada dalam Tugas Akhir ini diperoleh dan diolah menggunakan SPSS yaitu uji normalitas, uji outlier, uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas, uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa karakteristik merek dan karakteristik pelanggan merek pada Iphone dalam peranannya mempengaruhi loyalitas merek memiliki pengaruh sebesar 29,6%. Hal ini merupakan pengaruh Brand Characteristic dan Consumer-Brand Characteristic terhadap loyalitas merek berada pada tingkat yang rendah. Perusahaan harus lebih aktif untuk meningkatkan kepercayaan merek agar loyalitas merek dapat ditingkatkan lagi, dan dapat menciptakan konsumen-konsumen yang loyal terhadap pengguna Iphone.