Daftar Isi:
  • Dewasa ini, buku dan alat tulis menjadi kebutuhan sehari-hari. Hampir setiap aktivitas manusia terkait dengan buku dan alat tulis. Sehingga keberadaan toko buku sebagai tempat untuk memperoleh/mendapatan buku dan alat tulis menjadi sangat dibutuhkan oleh masyarakat. PT. Gospel Karisma Mediatama adalah anak perusahaan PT. Karisma Aksara Mediatama yang menyediakan jaringan toko buku dengan nama Toko Buku Karisma. Toko Buku Karisma merupakan salah satu toko buku modern yang cukup terkemuka di Indonesia selain Toko Buku Gramedia dan Toko Gunung Agung. Survei yang dilakukan oleh lembaga survei pemasaran Frontier menyatakan bahwa Toko Buku Gramedia mengungguli pesaingnya yaitu Toko Gunung Agung dan Toko Buku Karisma. Dari research sederhana penulis, diketahui bahwa 70% responden lebih memilih berbelanja di Toko Buku Gramedia karena lebih meyakinkan. Berdasarkan hal tersebut, penulis menyimpulkan bahwa brand image terhadap Toko Buku di luar Gramedia (Karisma salah satunya) kurang kuat. Penulis tertarik untuk mengetahui persepsi konsumen akan brand image dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen dengan penelitian berjudul ”Pengaruh Brand Image Toko Buku Karisma terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Toko Buku Karisma Bandung Trade Center)”. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari brand image Toko Buku Karisma terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel yang paling mempengaruhi keputusan pembelian konsumen secara signifikan adalah Brand Personality dan Brand-Consumer Relation. Dengan 36,6% variasi keputusan pembelian konsumen di Toko Buku Karisma dipengaruhi oleh Brand Personality dan Brand-Consumer Relation, dan sisanya sebesar 63,4% disebabkan oleh faktor- faktor lain di luar variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dibuat beberapa saran agar Toko Buku Karisma dapat meningkatkan brand image untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.