Daftar Isi:
  • Di era perubahan teknologi yang sangat cepat ini, kualitas produk bukan lagi menjadi komoditas yang bisa dibanggakan untuk memenangkan persaingan bisnis tetapi perusahaan harus memiliki merek yang kuat atau dengan kata lain memiliki ekuitas merek yang tinggi. Perusahaan atau produk yang memiliki merek yang kuat cenderung lebih mudah memenuhi kebutuhan dan keinginan sesuai dengan persepsi pelanggan. Dalam penelitian ini akan dibahas tentang industri minuman teh dalam kemasan, dimana merek yang akan diujikan pada penelitian ini adalah Teh Botol Sosro. Sosro sebagai pemimpin pasar pada segmen minuman teh dalam kemasan botol telah mempunyai posisi yang kuat di benak konsumen karena perusahaan ini merupakan pioneer dalam industri teh botol di Indonesia Berkenaan dengan hal tersebut, maka peneliti mencoba untuk mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Teh Botol Sosro. Adapun variabel yang digunakan meliputi varibel ekuitas merek yaitu kesadaran merek (brand awarness), asosiasi merek (brand assosiation), kesan kulaitas (perceived quality), loyalitas merek (brand loyalty), Aset-aset merek yang lain (other propetary brand assets). Penelitian menggunakan analisis regresi berganda. Untuk validitas menggunakan analisis faktor dan reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kesan kualitas (perceived quality) paling besar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen di lingkungan mahasiswa Universitas Kristen Maranatha Bandung.