Daftar Isi:
  • Dalam kaitannya dengan pasar swalayan, seperti diketahui persaingan antara para pasar swalayan begitu ketat. Baik pelaku usaha pasar swalayan dari luar maupun dalam negeri berlomba-lomba menjadi yang nomor satu. Citra merek menjadi salah satu ukuran kinerja merek yang penting dewasa ini. Apalagi pada saat pertarungan merek sudah demikian ketatnya, brand image dipakai sebagai cara untuk bertahan dalam jangka panjang. Sehubungan dengan hal tersebut, maka peneliti ingin mencoba untuk mengidentifikasi variable yang mempengaruhi minat beli terhadap pasar swalayan Yomart. Adapun sub variable yang digunakan meliputi recognition, reputation, affinity, dan domain. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan rata-rata jawaban responden, diketahui bahwa persepsi konsumen mengenai citra merek Pasar Swalayan Yomart, dinilai sudah baik (rata-rata = 3.20). Berdasarkan rata-rata jawaban responden, diketahui bahwa minat beli konsumen terbilang tinggi (rata-rata = 3.13). Berdasarkan analisis korelasi, pengujian hipotesis dan analisis koefisien determinasi, diketahui hubungan citra merek pasar swalayan Yomart minat beli konsumen tergolong kepada hubungan yang kuat (rs=0.636) dan (t hitung (8.956) > t tabel (1.98). Sedangkan kontribusi yang diberikan oleh citra merek Pasar Swalayan Yomart terhadap peningkatan minat beli konsumen sebesar 40.47% dan sisanya sebesar 59.53% merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak diteliti.