Pengaruh Upaya Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Green Hill Universal Hotel)
Daftar Isi:
- Green Hill Universal Hotel menggunakan strategi pemasaran untuk membangun hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya ( Relationship Marketing ). Relationship marketing merupakan upaya – upaya yang terdiri dari belonging, communication, customization, differentiation, personalizatio, rewarding, security & convenience. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh upaya relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan. Objek daripada penelitian ini ialah 100 pelanggan Green Hill Universal Hotel yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Kuesioner dan wawancara digunakan dalam mengumpulkan data kualitatif dan analisis regresi digunakan dalam data kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai koefisien determinasi yang telah disesuaikan ( R square ) menunjukkan pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan yaitu sebesar 0.844 atau 84.4% sedangkan sisanya 15.6% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa upaya – upaya relationship marketing yang terdiri dari belonging, communication, customization, differentiation, personalization, rewarding, security & convenience berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.