Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Blackberry di Universitas Kristen Maranatha Bandung
Daftar Isi:
- Fenomena perkembangan Blackberry di Indonesia terhitung yang tercepat di dunia. Pada tahun 2012 saat ini, jumlah pengguna BlackBerry di dunia sebanyak 77 juta pengguna, Indonesia diperkirakan memberi kontribusi sekitar 15% dengan jumlah pengguna hampir 11 juta. Berkenaan dengan hal tersebut, maka penelitian ini mencoba untuk mengidentifikasi bagaimana bauran pemasaran dilihat dari sudut pandang konsumen, bagaimana respon keputusan pembelian konsumen terhadap produk BB, serta berapa besar bauran pemasaran berpengaruh kepada keputusan pembelian. Adapun variabel yang digunakan meliputi keputusan pembelian (Y), product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4). Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian. Bauran pemasaran yang dilihat dari sudut pandang konsumen adalah merek, kesesuaian harga dengan nilai produk, ketersediaan produk di pasar dan WOM tentang produk BlackBerry. Keputusan konsumen membeli ponsel BlackBerry dikarenakan konsumen menyadari kebutuhannya. Besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sebesar 14.2% dan 85.8% dipengaruhi oleh faktor lain.