Daftar Isi:
  • Dewasa ini pemenuhan akan kebutuhan dan keinginan konsumen telah menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan dalam menarik minat beli konsumen.Hal ini menuntut perusahaan untuk semakin kreatif dalam melakukan promosi.Media promosi yang sering digunakan adalah media periklanan dengan menggunakan selebritis sebagai endorsernya.Dengan beberapa karakteristik seperti attractiveness,trustworthiness dan expertise yang ada pada sosok celebrity endorser,perusahaan berharap konsumen tertarik dan menimbulkan minat untuk membeli.Berdasarkan uraian di atas,peneliti tertarik untuk menganalisis karakteristik manakah dari celebrity endorser (Anggun C. Sasmi) pada iklan shampoo Pantene yang paling berpengaruh terhadap minat beli konsumen yang dilakukan di sekitar Universitas Kristen Maranatha.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dan data yang diperoleh,diolah dan dianalisa secara kuantitaif dengan menggunakan program SPSS 16.0.Dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan,maka didapat hasil bahwa dari ketiga karakteristik celebrity endorser tersebut,attractiveness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen,sedangkan trustworthiness dan expertise berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen.Dari kesimpulan di atas,maka saran bagi perusahaan adalah perusahaan sebaiknya menggunakan lebih banyak selebritis dan menyeleksi setiap selebritis lebih selektif demi meningkatkan minat beli konsumen.