Daftar Isi:
  • Bisnis pangan khususnya di bidang restoran saat ini menunjukkan perkembangan yang sangat baik dan merupakan prospek usaha yang maju pesat dan meningkat. Salah satu tempat dimana manusia dapat memperoleh makanan adalah restoran, seiring dengan berubahnya gaya hidup masyarakat perkotaan yang semakin dinamis, meningkatnya aktivitas yang dilakukan diluar rumah terutama wanita yang bekerja di luar rumah menuntut sebuah restoran untuk menyediakan fasilitas lain seperti makan dan kenyamanan suasana restoran itu sendiri. Saat ini Salah satu restoran cepat saji yaitu Restoran Solaria yang berada di Istana Plaza. Dalam penelitan ini, peneliti hendak menjelaskan dimensi kualitas pelayanan yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada Restoran Solaria Istana Plaza, Bandung. Dimana dimensi kualitas pelayanan meliputi tangible, empathy, reliability, responsiveness, dan assurance. Kualitas pelayanan memiliki keunggulan yang dapat membuat konsumen menjadi loyal, namun kendala atau kelemahannya adalah konsumen menganggap masih kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner pada responden yang pernah makan di Restoran Solaria Istana Plaza, Bandung sebanyak 140 responden. Pengujian dan pengolahan data menggunakan SPSS v.16 dengan menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen adalah sebesar Customer Loyalty dipengaruhi sebesar 19.9% dan 80.1% dipengaruhi oleh faktor lain.