THE INFLUENCE OF USING DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DR-TA) STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 13 KOTA TANGERANG

Main Author: FADILLAH SINAGA, RIFA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13609/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20DIRECTED%20READING%20THINKING%20ACTIVITY.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13609/
ctrlnum 13609
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.untirta.ac.id/13609/</relation><title>THE INFLUENCE OF USING DIRECTED READING THINKING &#xD; ACTIVITY (DR-TA) STRATEGY TOWARD STUDENTS&#x2019; &#xD; READING COMPREHENSION AT THE EIGHTH GRADE &#xD; STUDENTS OF SMPN 13 KOTA TANGERANG</title><creator>FADILLAH SINAGA, RIFA</creator><subject>PE English</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh signifikan penggunaan DRTA&#xD; strategi terhadap pemahaman membaca siswa dan siswa kelas delapan dari&#xD; SMPN 13 Kota Tangerang. SMP Negeri 13 Kota Tangerang adalah tempatnya&#xD; penelitian dengan seluruh siswa kelas 8 sebagai populasi, 8E sebagai kelas kontrol sedangkan&#xD; kelas 8F sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif yang digunakan&#xD; desain eksperimen semu. Hasilnya menunjukkan bahwa data pemahaman bacaan&#xD; memiliki distribusi normal dan homogen. Data dikatakan normal jika&#xD; . Untuk pretest kelas kontrol datanya Pretest kelas kontrol 2,609 12,592&#xD; dan post-test adalah 4.656 12.592. Untuk pre-test di kelas eksperimen datanya adalah 12,305&#xD; 12.592 dan untuk post-test adalah 4.479 12.592. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan&#xD; bahwa hipotesis alternatif ( ) terbukti, karena lebih besar dari&#xD; (5.248 &gt; 1.671). Artinya ada pengaruh yang signifikan dari membaca siswa&#xD; pemahaman dalam teks naratif setelah mengajar membaca teks naratif dengan menggunakan DRTA&#xD; strategi. Dari uji hipotesis diketahui bahwa siswa yang mendapat&#xD; strategi pengobatan DRTA dalam pengajaran pemahaman membaca menjadi lebih signifikan&#xD; peningkatan skor rata-rata dibandingkan siswa yang diajar dengan strategi konvensional. Itu&#xD; hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa persentase pengaruh penggunaan&#xD; DR-TA terhadap pemahaman bacaan siswa sebesar 52%. Berdasarkan data tersebut, terdapat&#xD; pengaruh signifikan penggunaan strategi DR-TA terhadap kemampuan membaca siswa&#xD; pemahaman siswa kelas VIII SMPN 13 Kota Tangerang.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>https://eprints.untirta.ac.id/13609/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20DIRECTED%20READING%20THINKING%20ACTIVITY.pdf</identifier><identifier> FADILLAH SINAGA, RIFA (2014) THE INFLUENCE OF USING DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DR-TA) STRATEGY TOWARD STUDENTS&#x2019; READING COMPREHENSION AT THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 13 KOTA TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. </identifier><recordID>13609</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FADILLAH SINAGA, RIFA
title THE INFLUENCE OF USING DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DR-TA) STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 13 KOTA TANGERANG
publishDate 2014
topic PE English
url https://eprints.untirta.ac.id/13609/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20DIRECTED%20READING%20THINKING%20ACTIVITY.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13609/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh signifikan penggunaan DRTA strategi terhadap pemahaman membaca siswa dan siswa kelas delapan dari SMPN 13 Kota Tangerang. SMP Negeri 13 Kota Tangerang adalah tempatnya penelitian dengan seluruh siswa kelas 8 sebagai populasi, 8E sebagai kelas kontrol sedangkan kelas 8F sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif yang digunakan desain eksperimen semu. Hasilnya menunjukkan bahwa data pemahaman bacaan memiliki distribusi normal dan homogen. Data dikatakan normal jika . Untuk pretest kelas kontrol datanya Pretest kelas kontrol 2,609 12,592 dan post-test adalah 4.656 12.592. Untuk pre-test di kelas eksperimen datanya adalah 12,305 12.592 dan untuk post-test adalah 4.479 12.592. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif ( ) terbukti, karena lebih besar dari (5.248 > 1.671). Artinya ada pengaruh yang signifikan dari membaca siswa pemahaman dalam teks naratif setelah mengajar membaca teks naratif dengan menggunakan DRTA strategi. Dari uji hipotesis diketahui bahwa siswa yang mendapat strategi pengobatan DRTA dalam pengajaran pemahaman membaca menjadi lebih signifikan peningkatan skor rata-rata dibandingkan siswa yang diajar dengan strategi konvensional. Itu hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa persentase pengaruh penggunaan DR-TA terhadap pemahaman bacaan siswa sebesar 52%. Berdasarkan data tersebut, terdapat pengaruh signifikan penggunaan strategi DR-TA terhadap kemampuan membaca siswa pemahaman siswa kelas VIII SMPN 13 Kota Tangerang.
id IOS3442.13609
institution Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
institution_id 89
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
library_id 598
collection Repository Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
repository_id 3442
subject_area Administrasi Negara dan Militer
Akuntansi
Arsitektur
city KOTA SERANG
province BANTEN
repoId IOS3442
first_indexed 2023-03-04T21:43:36Z
last_indexed 2023-04-29T09:38:49Z
recordtype dc
_version_ 1764503532484952064
score 17.538404