pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan produk tabungan faedah (studi kasus pada bri syariah kc madiun)
Main Author: | Nikmah, Manzilatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etheses.iainponorogo.ac.id/7552/2/Pengaruh%20Kualitas%20Pelayanan%20Dan%20Kualitas%20Produk%20Terhadap%20Kepuasan%20Nasabah%20Dalam%20Menggunakan%20Produk%20Tabungan%20Faedah%20%28Studi%20Kasus%20Pada%20BRI%20Syariah%20KC%20Madiun%29.pdf http://etheses.iainponorogo.ac.id/7552/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nikmah, Manzilatul. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Nasabah dalam Menggunakan Produk Tabungan Faedah (Studi pada BRI Syariah Kantor Cabang Madiun). Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Anton Sudrajat, M.A Kata Kunci: Tangible, Performances dan Harapan Kualitas pelayanan yaitu kemampuan perusahaan dalam memberikan sebuah pelayanan yang berkualitas dalam melayani konsumennya. kualitas produk yaitu sebuah produk memiliki nilai yang lebih di mata pelanggan serta posisi dimana pelanggan kita kembali dan produk tidak dikembalikan. Kepuasan nasabah adalah perbedaan antara harapan sebelum pembelian dengan kinerja yang dirasakan setelah pembelian. Kepuasan nasabah menjadi hal yang penting bagi pengelola perbankan, karena nasabah yang puas akan menyebarluaskan rasa puasnya kepada calon nasabah, sehingga akan menaikkan reputasi dari pengelola perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan produk tabungan Faedah pada BRI Syariah KC Madiun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan produk tabungan Faedah pada BRI Syariah KC Madiun, apakah kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan produk tabungan Faedah pada BRI Syariah KC Madiun, apakah kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan produk tabungan Faedah pada BRI Syariah KC Madiun. Adapun penelitian yang digunakan peneliti ialah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan teknik sampling insidental. Dengan jumlah sampel 96 responden. Teknik pengumpulan dta menggunakan angket sedangkan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa: kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,712 > 1,984. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah nilai thitung > ttabel yaitu 4,379 > 1,984. Kualitas pelayanan dan kualitas pelayanan secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 41,080 > 3,09.