INTEGRASI SERVQUAL DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SURYAKANCANA

Main Author: Widy Setyawan, NPM. 108312011
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/6481/1/Widy%20Setyawan.docx
http://repository.unpas.ac.id/6481/
ctrlnum 6481
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/6481/</relation><title>INTEGRASI SERVQUAL DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SURYAKANCANA</title><creator>Widy Setyawan, NPM. 108312011</creator><subject>RESEARCH REPORT</subject><description>Fakultas Teknik merupakan Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Suryakancana Cianjur. Saat ini memiliki tiga Program Studi yaitu Prodi Teknik Sipil, Prodi Teknik Industri dan Prodi Teknik Informatika. Dengan memiliki visi terwujudnya Fakultas yang unggul dalam bidang teknologi dan menghasilkan lulusan yang Profesional, tentunya harus didukung oleh pelayanan yang baik yang sesuai dengan harapan mahasiswa. Akan tetapi pada kenyataannya layanan yang diberikan oleh Fakultas Teknik belum memenuhi harapan mahasiswa. Hal ini dikhawatirkan bisa menimbulkan image buruk dan berpengaruh terhadap penerimaan calon mahasiswa. Sehingga perlu adanya perbaikan layanan akademik dari semua stake holder yang terlibat. Ada lima atribut yang perlu diperhatikan oleh manajemen industri jasa yaitu : Reliability (Keandalan), Assurance (Jaminan), Tangibles (Bukti Langsung), Emphaty (Empati), dan Responsiveness (Daya tanggap). Oleh karena itu perlu adanya metode atau pendekatan yang sesuai agar diperoleh perbaikan yang bisa memuaskan semua pihak. Penelitian ini mengintegrasikan Metode Servqual dan Quality Function Deployment (QFD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut layanan akademik berdasarkan dimensi Servqual, menentukan nilai gap, serta menetapkan atribut-atribut yang perlu mendapatkan perbaikan. Hubungan dari integrasi kedua metode tersebut yaitu dengan memanfaatkan gap persepsi dan harapan dari mahasiswa hasil pengukuran Servqual menjadi Level of Important pada House of Quality. Atribut-atribut dari hasil pengukuran Servqual tersebut akan digunakan sebagai Voice of Customer untuk mendefinisikan Customer need pada House of Quality. Hasil dari integrasi ketiga metode ini akan tercipta kebutuhan dan keinginan mahasiswa yang lebih terstruktur dan terencana dengan baik, sehingga pada akhirnya nanti dapat tercipta kepuasan bagi mahasiswa dan juga dapat dirasakan manfaatnya oleh manajemen Fakultas Teknik UNSUR.&#xD; &#xD; Kata kunci : Servqual, QFD dan House of Quality</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/6481/1/Widy%20Setyawan.docx</identifier><identifier> Widy Setyawan, NPM. 108312011 (2016) INTEGRASI SERVQUAL DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SURYAKANCANA. Thesis(S2) thesis, UNPAS. </identifier><recordID>6481</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Widy Setyawan, NPM. 108312011
title INTEGRASI SERVQUAL DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SURYAKANCANA
publishDate 2016
topic RESEARCH REPORT
url http://repository.unpas.ac.id/6481/1/Widy%20Setyawan.docx
http://repository.unpas.ac.id/6481/
contents Fakultas Teknik merupakan Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Suryakancana Cianjur. Saat ini memiliki tiga Program Studi yaitu Prodi Teknik Sipil, Prodi Teknik Industri dan Prodi Teknik Informatika. Dengan memiliki visi terwujudnya Fakultas yang unggul dalam bidang teknologi dan menghasilkan lulusan yang Profesional, tentunya harus didukung oleh pelayanan yang baik yang sesuai dengan harapan mahasiswa. Akan tetapi pada kenyataannya layanan yang diberikan oleh Fakultas Teknik belum memenuhi harapan mahasiswa. Hal ini dikhawatirkan bisa menimbulkan image buruk dan berpengaruh terhadap penerimaan calon mahasiswa. Sehingga perlu adanya perbaikan layanan akademik dari semua stake holder yang terlibat. Ada lima atribut yang perlu diperhatikan oleh manajemen industri jasa yaitu : Reliability (Keandalan), Assurance (Jaminan), Tangibles (Bukti Langsung), Emphaty (Empati), dan Responsiveness (Daya tanggap). Oleh karena itu perlu adanya metode atau pendekatan yang sesuai agar diperoleh perbaikan yang bisa memuaskan semua pihak. Penelitian ini mengintegrasikan Metode Servqual dan Quality Function Deployment (QFD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut layanan akademik berdasarkan dimensi Servqual, menentukan nilai gap, serta menetapkan atribut-atribut yang perlu mendapatkan perbaikan. Hubungan dari integrasi kedua metode tersebut yaitu dengan memanfaatkan gap persepsi dan harapan dari mahasiswa hasil pengukuran Servqual menjadi Level of Important pada House of Quality. Atribut-atribut dari hasil pengukuran Servqual tersebut akan digunakan sebagai Voice of Customer untuk mendefinisikan Customer need pada House of Quality. Hasil dari integrasi ketiga metode ini akan tercipta kebutuhan dan keinginan mahasiswa yang lebih terstruktur dan terencana dengan baik, sehingga pada akhirnya nanti dapat tercipta kepuasan bagi mahasiswa dan juga dapat dirasakan manfaatnya oleh manajemen Fakultas Teknik UNSUR. Kata kunci : Servqual, QFD dan House of Quality
id IOS3183.6481
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-09-24T05:06:26Z
last_indexed 2017-07-10T03:16:55Z
recordtype dc
_version_ 1766044884178829312
score 17.538404