PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BOJONG LOA BANDUNG ( Penelitian Tindakan Kelas tentang Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Setempat)
ctrlnum |
12979 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/12979/</relation><title>PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED
LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL
BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BOJONG LOA BANDUNG
( Penelitian Tindakan Kelas tentang Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Setempat)</title><creator>RIZKA AMELIA JUNJUNAN, 125060288</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal penelitian di kelas IV SDN
Bojong Loa Bandung, ditemukan beberapa masalah pada proses pembelajaran siswa.
Salah satunya yaitu dalam proses pembelajaran IPS pada materi Keragaman Suku
Bangsa dan Budaya Setempat. Dapat terungkap kurangnya sikap Motivasi siswa
terhadap pembelajaran, hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang masih
belum memuaskan. Diketahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS mencapai
rata-rata 17,39%, nilai ini masih dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM), yaitu
65. Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana yang
menjadi subjeknya yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 23 orang. Adapun instrumen
yang digunakan sebagai berikut : (1) lembar observasi aktivitas guru/peneliti dan
siswa, (2) lembar wawancara guru, (3) Lembar Kerja Siswa (LKS), (4) Lembar Kerja
Kelompok (LKK) (5) dan tes berupa evaluasi hasil siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan Motivasi dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS materi
Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat pada kelas IV SDN Bojong Loa
Bandung. Bedasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dengan menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Motivasi siswa.
Pada siklus 1 rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 52,17%, rata-rata nilai
kelompok yang diperoleh siswa sebesar 73,91%, serta pada siklus II rata-rata nilai
yang diperoleh siswa sebesar 100%, rata-rata nilai kelompok yang diperoleh siswa
sebesar 100%. Hal ini menunjukan bahwa terjadinya peningkatan Motivasi dan hasil
belajar dari siklus I sampai dengan siklus II berdasarkan dari pengolahan data dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bojong Loa Bandung.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Motivasi dan hasil belajar siswa.</description><date>2016-09-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12979/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12979/2/5.%20Abstrak%20Indo.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12979/3/6.%20Abstrak%20inggris.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12979/4/13.%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12979/5/14.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12979/6/8.%20daftar%20isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12979/7/18.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> RIZKA AMELIA JUNJUNAN, 125060288 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BOJONG LOA BANDUNG ( Penelitian Tindakan Kelas tentang Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Setempat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>12979</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RIZKA AMELIA JUNJUNAN, 125060288 |
title |
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED
LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL
BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BOJONG LOA BANDUNG
( Penelitian Tindakan Kelas tentang Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Setempat) |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/12979/1/1.%20COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/12979/2/5.%20Abstrak%20Indo.pdf http://repository.unpas.ac.id/12979/3/6.%20Abstrak%20inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/12979/4/13.%20BAB%201.pdf http://repository.unpas.ac.id/12979/5/14.%20BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12979/6/8.%20daftar%20isi.pdf http://repository.unpas.ac.id/12979/7/18.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12979/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal penelitian di kelas IV SDN
Bojong Loa Bandung, ditemukan beberapa masalah pada proses pembelajaran siswa.
Salah satunya yaitu dalam proses pembelajaran IPS pada materi Keragaman Suku
Bangsa dan Budaya Setempat. Dapat terungkap kurangnya sikap Motivasi siswa
terhadap pembelajaran, hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang masih
belum memuaskan. Diketahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS mencapai
rata-rata 17,39%, nilai ini masih dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM), yaitu
65. Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana yang
menjadi subjeknya yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 23 orang. Adapun instrumen
yang digunakan sebagai berikut : (1) lembar observasi aktivitas guru/peneliti dan
siswa, (2) lembar wawancara guru, (3) Lembar Kerja Siswa (LKS), (4) Lembar Kerja
Kelompok (LKK) (5) dan tes berupa evaluasi hasil siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan Motivasi dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS materi
Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat pada kelas IV SDN Bojong Loa
Bandung. Bedasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dengan menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Motivasi siswa.
Pada siklus 1 rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 52,17%, rata-rata nilai
kelompok yang diperoleh siswa sebesar 73,91%, serta pada siklus II rata-rata nilai
yang diperoleh siswa sebesar 100%, rata-rata nilai kelompok yang diperoleh siswa
sebesar 100%. Hal ini menunjukan bahwa terjadinya peningkatan Motivasi dan hasil
belajar dari siklus I sampai dengan siklus II berdasarkan dari pengolahan data dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bojong Loa Bandung.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Motivasi dan hasil belajar siswa. |
id |
IOS3183.12979 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-11-01T01:50:25Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:17:49Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044897820803072 |
score |
17.538404 |