ctrlnum 49643
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/49643/</relation><title>Beauty Vlogger Dan Representasi Makna Kecantikan Pada Generasi Milenial. (Studi Kasus Mahasiswi Pendidikan Antropologi Universitas Negeri Medan)</title><creator>Siahaan, Ela Indah Sari</creator><subject>HN Social history and conditions. Social problems. Social reform</subject><description>Penelitian ini bertujuan mengungkap representasi kecantikan mahasiswi Pendidikan Antropologi melalui tayangan konten beauty vlogger serta konsep cantik yang dimiliki oleh mahasiswi Pendidikan Antropologi setelah menonton tayangan beauty vlogger. Adapun yang menjadi informan penelitian ini adalah mahasiswi milenial di Prodi Pendidikan Antropologi dengan rentang usia 18-25 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual, untuk mengkaji entitas informan di ranah media sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan berasal dari sumber informasi yang diperoleh melalui media online yang dimiliki oleh komunitas online dengan cara melakukan observasi, wawancara mendalam, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, Analisis Media Siber (AMS). Hasil yang diperoleh menggambarkan latar belakang awal mahasiswi Pendidikan Antropologi menonton tayangan beauty vlogger disebabkan karena adanya konstruk beauty privilage berupa pemberian hak istimewa bagi perempuan yang memiliki wajah yang menawan, Insecurity (rasa percaya diri yang rendah) karena merasa kurang menarik, serta sebagai media komunikasi kekinian. Bahkan, adapun representasi kecantikan yang di tampilkan mahasiswi Pendidikan Antropologi umumnya kecantikan jenis natural, korean looks dan arabian looks. Selanjutnya untuk mendukung make up tersebut mahasiswi Pendidikan Antropologi menyesuikan juga dengan outfit yang di pakai, yang mana dalam hal ini outfit perempuan dibagi atas tiga bagian, yakni mamba, kue dan bumi. Diranah kehidupan media sosial kecantikan direpresentasikan dengan menggunakan filter kecantikan ala beauty vlogger sebagai bentuk shadow beauty di media sosial. Acuan kecantikan mahasiswi Pendidikan Antropologi yakni kulit dan wajah yang putih bersih, alis yang bagus, bibir yang merah merona. Dimana acuan cantik mereka apabila memiliki wajah cantik, bersih dan kulit yang sehat.</description><date>2022-10-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49643/1/1.%20NIM.%203173322019%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49643/3/2.%20NIM.%203173322019%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49643/2/3.%20NIM.%203173322019%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49643/6/4.%20NIM.%203173322019%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49643/7/5.%20NIM.%203173322019%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49643/4/6.%20NIM.%203173322019%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49643/8/7.%20NIM.%203173322019%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49643/5/8.%20NIM.%203173322019%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49643/9/12.%20NIM.%203173322019%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49643/10/13.%20NIM.%203173322019%20BIBLIOGRAFHY.pdf</identifier><identifier> Siahaan, Ela Indah Sari (2022) Beauty Vlogger Dan Representasi Makna Kecantikan Pada Generasi Milenial. (Studi Kasus Mahasiswi Pendidikan Antropologi Universitas Negeri Medan). Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>49643</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Siahaan, Ela Indah Sari
title Beauty Vlogger Dan Representasi Makna Kecantikan Pada Generasi Milenial. (Studi Kasus Mahasiswi Pendidikan Antropologi Universitas Negeri Medan)
publishDate 2022
isbn 203173322019
topic HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
url http://digilib.unimed.ac.id/49643/1/1.%20NIM.%203173322019%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49643/3/2.%20NIM.%203173322019%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49643/2/3.%20NIM.%203173322019%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49643/6/4.%20NIM.%203173322019%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49643/7/5.%20NIM.%203173322019%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49643/4/6.%20NIM.%203173322019%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49643/8/7.%20NIM.%203173322019%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49643/5/8.%20NIM.%203173322019%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49643/9/12.%20NIM.%203173322019%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49643/10/13.%20NIM.%203173322019%20BIBLIOGRAFHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49643/
contents Penelitian ini bertujuan mengungkap representasi kecantikan mahasiswi Pendidikan Antropologi melalui tayangan konten beauty vlogger serta konsep cantik yang dimiliki oleh mahasiswi Pendidikan Antropologi setelah menonton tayangan beauty vlogger. Adapun yang menjadi informan penelitian ini adalah mahasiswi milenial di Prodi Pendidikan Antropologi dengan rentang usia 18-25 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual, untuk mengkaji entitas informan di ranah media sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan berasal dari sumber informasi yang diperoleh melalui media online yang dimiliki oleh komunitas online dengan cara melakukan observasi, wawancara mendalam, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, Analisis Media Siber (AMS). Hasil yang diperoleh menggambarkan latar belakang awal mahasiswi Pendidikan Antropologi menonton tayangan beauty vlogger disebabkan karena adanya konstruk beauty privilage berupa pemberian hak istimewa bagi perempuan yang memiliki wajah yang menawan, Insecurity (rasa percaya diri yang rendah) karena merasa kurang menarik, serta sebagai media komunikasi kekinian. Bahkan, adapun representasi kecantikan yang di tampilkan mahasiswi Pendidikan Antropologi umumnya kecantikan jenis natural, korean looks dan arabian looks. Selanjutnya untuk mendukung make up tersebut mahasiswi Pendidikan Antropologi menyesuikan juga dengan outfit yang di pakai, yang mana dalam hal ini outfit perempuan dibagi atas tiga bagian, yakni mamba, kue dan bumi. Diranah kehidupan media sosial kecantikan direpresentasikan dengan menggunakan filter kecantikan ala beauty vlogger sebagai bentuk shadow beauty di media sosial. Acuan kecantikan mahasiswi Pendidikan Antropologi yakni kulit dan wajah yang putih bersih, alis yang bagus, bibir yang merah merona. Dimana acuan cantik mereka apabila memiliki wajah cantik, bersih dan kulit yang sehat.
id IOS3150.49643
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T14:01:05Z
last_indexed 2023-02-26T14:01:05Z
recordtype dc
_version_ 1766033640447279104
score 17.538404