Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada perbedaan yang signifikan pemahaman konsep peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model learning cycle 5E dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional, (2) apakah ada perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model learning cycle 5E dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional, (3) apakah ada hubungan yang signifikan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains peserta didik yang dibelajarkan dengan model learning cycle 5E. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan two group pretes-postes design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Data yang dihasilkan, dianalisis dengan menggunakan uji multivariate analysis of variance (Manova). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan pemahaman konsep peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model learning cycle 5E dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional, (2) ada perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model learning cycle 5E dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional, (3) ada hubungan yang signifikan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains peserta didik yang dibelajarkan dengan model learning cycle 5E.