PENGARUH PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA SMP PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII TAHUN 2019
Main Author: | Jannah, Miftahul |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/37340/ http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/42.-Miftahul-Jannah.pdf |
Daftar Isi:
- Seiring dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga berkembang sangat pesat. Teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak yang besar bagi kehidupan manusia yaitu salah satunya dalam dunia pendidikan teknologi dapat meningkatkan kualitas bila digunakan secara bijak. Hal ini tentu mengisyaratkan kepada pendidik maupun calon pendidik agar mampu menerapkan cara belajar dengan menggunakan pemanfaatan teknologi yang mutakhir. Jika dahulunya pendidik menggunakan model pembelajaran konvesional yang menganggap bahwa guru sebagai orang yang serba tahu untuk menyalurkan ilmu pengetahuannya kepada siswa. Pada penggunaan model konvensionalmbanyak ditemui kelemahan, yang berakibat pada menurunnya kualitas pembelajaran. Model pembelajaran blended learning adalah salah satu model yang baik digunakan untuk meningkatkan kualitas pembeljaran. Pembelajaran blended learning dapat menggabungkan pembelajaran tatap muka (face to face) dengan pembelajaran berbasis teknologi. Artinya, pembelajaran dengan pendekatan teknologi pembelajaran dengan kombinasi sumber-sumber belajar tatap muka dengan pengajar maupun yang dimuat didalam computer, hp, tv, video dan media elektronik lainnya. Pembelajaran blended learning memberikan kesempatan kepada berbagai karakteristik siswa agar terjadi belajar mandiri, berkelanjutan dan berkembang sehingga belajar akan lebih efektif, efisien, menarik dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan tingkat pemahaman siswa antara pembelajaran model blended learning dengan pembelajaran konvensional, dan (2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran model blended learning terhadap tingkat pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental. Pengumpulan data menggunakan tes soal berbentuk pilihan ganda dan angket. Penerapan pembelajaran model blended learning diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa.