PENGARUH MODEL GENERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGRI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 20017/2018
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 12 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model Generative Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada jurnal khusus pada siswa kelas XII SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Medan yang beralamat di jalan Cempaka Raya No.75, Medan Helvetia.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS yaitu sebanyak 93 orang, dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yang terdiri dari 2 kelas , kelas XII IPS 1 yang berjumlah 30 orang dan kelas XII IPS 2 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang dikutip dari buku panduan kelas XII yang dianggap sudah valid dan reliabel, maka tidak perlu diuji cobakan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung nilai rata-rata dan standard deviasi, uji normalitas ,uji homogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung> ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis tidak dapat ditolak. Dari hasil analisis data dan perhitungan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 45,66 dengan standar deviasi 9,25 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 77 dengan standar deviasi 8,96. Dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 49 dengan standar deviasi 9,86 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 81,83 dengan standar deviasi 8,03. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan