PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN AUTOGRAPH DI KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN T.A. 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi program linear di kelas XI SMA N 14 Medan (2) proses penyelesaian jawaban siswa terkait pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT) berbantuan Autograph di kelas XI SMA Negeri 14 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah keseluruhan 304 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu kelas XI-MIPA 1 (40 siswa) dan kelas XI-MIPA 2 (40 siswa). Kelas XI-MIPA 1 adalah kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan model pembelajaran TPS dan kelas XI-MIPA 2 adalah kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran NHT. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share lebih tinggi daripada melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan Autograph pada materi program linear di kelas XI SMA N 14 Medan (2) proses jawaban siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share lebih baik daripada proses jawaban siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together