PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 106162 MEDAN ESTATE KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG T.A. 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Mind Mapping dan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi kegiatan ekonomi di kelas V SDN 106162 Medan Estate T.A. 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen, sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 106162 Medan Estate tahun 2016/2017 dengan jumlah 63 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas VA sebanyak 34 orang siswa dan kelas VB sebanyakk 29 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dari dua kelas tersebut yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay sebanyak 5 soal. Uji normalitas menggunakan uji liliefors. Untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,118, Ltabel = 0,151, sedangkan kelas kontrol didapat Lhitung = 0,107 Ltabel = 0,165. Lhitung < Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa data kedua sampel berdistribusi normal. Selanjutnya uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,19, Ftabel =1,80. Fhitung < Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa sampel kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Berdasarkan analisis data, rata-rata nilai siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping adalah 71,47 dengan standar deviasi 9,81 dan untuk rata-rata nilai dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah 62,06 dengan standar deviasi 9,87. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, diperoleh thitung = 4,29 signifikan pada taraf α=0,05 dan dk = 61 dan harga ttabel = 1,67. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 4,29 > 1,67, maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).