Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMA Katolik Kabanjahe T.A 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA yang berjumlah 35 orang.Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan pemberian pre test untuk mengetahui kemampuan awal pemecahan masalah matematis siswa. Setelah diberi pre test, subjek penelitian kemudian diberi perlakuan berupa pembelajaran pendekatan metakognitif dengan strategi konflik kognitif. Setelah diberi perlakuan kemudian siswa diberi post test untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dari hasil test yang diberikan diperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu rata-rata persentase kemampuan memahami masalah meningkat 12,5%; kemampuan merencanakan penyelesaian masalah meningkat 55,47%; kemampuan menyelesaikan perencanaan masalah meningkat meningkat 47,86%; dan kemampuan memberikan kesimpulan meningkat 17,86% dengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan 3 indikator pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif dengan strategi konflik kognitif merupakan pembelajaran efektif. Peneliti menyarankan pembelajaran ini dapat menjadi referensi sebagai pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.