PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DI SMA KATOLIK KABANJAHE
ctrlnum |
24225 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/24225/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
SISWA BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF
DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF
DI SMA KATOLIK KABANJAHE</title><creator>Waruwu, Hermanto</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMA Katolik
Kabanjahe T.A 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA
yang berjumlah 35 orang.Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa.
Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan pemberian pre test untuk mengetahui
kemampuan awal pemecahan masalah matematis siswa. Setelah diberi pre test, subjek
penelitian kemudian diberi perlakuan berupa pembelajaran pendekatan metakognitif
dengan strategi konflik kognitif. Setelah diberi perlakuan kemudian siswa diberi post test
untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dari hasil
test yang diberikan diperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa yaitu rata-rata persentase kemampuan memahami masalah meningkat 12,5%;
kemampuan merencanakan penyelesaian masalah meningkat 55,47%; kemampuan
menyelesaikan perencanaan masalah meningkat meningkat 47,86%; dan kemampuan
memberikan kesimpulan meningkat 17,86% dengan kriteria peningkatan sedang.
Berdasarkan 3 indikator pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif dengan strategi
konflik kognitif merupakan pembelajaran efektif.
Peneliti menyarankan pembelajaran ini dapat menjadi referensi sebagai
pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa.</description><date>2017-03-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/1/1.NIM%204122111029%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/2/2.NIM%204122111029%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/3/4.NIM%204122111029%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/4/5.NIM%204122111029%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/5/6.NIM%204122111029%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/6/7.NIM%204122111029%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/7/8.NIM%204122111029%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/8/9.NIM%204122111029%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/9/10.NIM%204122111029%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/10/14.NIM%204122111029%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/11/15.NIM%204122111029%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/12/3.NIM%204122111029%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><identifier> Waruwu, Hermanto (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DI SMA KATOLIK KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>24225</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Waruwu, Hermanto |
title |
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
SISWA BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF
DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF
DI SMA KATOLIK KABANJAHE |
publishDate |
2017 |
isbn |
204122111029 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools QA Mathematics |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/24225/1/1.NIM%204122111029%20COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24225/2/2.NIM%204122111029%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24225/3/4.NIM%204122111029%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24225/4/5.NIM%204122111029%20KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24225/5/6.NIM%204122111029%20DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24225/6/7.NIM%204122111029%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24225/7/8.NIM%204122111029%20DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24225/8/9.NIM%204122111029%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24225/9/10.NIM%204122111029%20BAB%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24225/10/14.NIM%204122111029%20BAB%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24225/11/15.NIM%204122111029%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24225/12/3.NIM%204122111029%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24225/ |
contents |
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMA Katolik
Kabanjahe T.A 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA
yang berjumlah 35 orang.Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa.
Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan pemberian pre test untuk mengetahui
kemampuan awal pemecahan masalah matematis siswa. Setelah diberi pre test, subjek
penelitian kemudian diberi perlakuan berupa pembelajaran pendekatan metakognitif
dengan strategi konflik kognitif. Setelah diberi perlakuan kemudian siswa diberi post test
untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dari hasil
test yang diberikan diperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa yaitu rata-rata persentase kemampuan memahami masalah meningkat 12,5%;
kemampuan merencanakan penyelesaian masalah meningkat 55,47%; kemampuan
menyelesaikan perencanaan masalah meningkat meningkat 47,86%; dan kemampuan
memberikan kesimpulan meningkat 17,86% dengan kriteria peningkatan sedang.
Berdasarkan 3 indikator pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif dengan strategi
konflik kognitif merupakan pembelajaran efektif.
Peneliti menyarankan pembelajaran ini dapat menjadi referensi sebagai
pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa. |
id |
IOS3150.24225 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-07-11T01:42:59Z |
last_indexed |
2017-07-11T01:42:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033436649193472 |
score |
17.538404 |