ctrlnum 24225
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/24225/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS&#xD; SISWA BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF&#xD; DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF&#xD; DI SMA KATOLIK KABANJAHE</title><creator>Waruwu, Hermanto</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMA Katolik&#xD; Kabanjahe T.A 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA&#xD; yang berjumlah 35 orang.Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah&#xD; matematis siswa.&#xD; Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan pemberian pre test untuk mengetahui&#xD; kemampuan awal pemecahan masalah matematis siswa. Setelah diberi pre test, subjek&#xD; penelitian kemudian diberi perlakuan berupa pembelajaran pendekatan metakognitif&#xD; dengan strategi konflik kognitif. Setelah diberi perlakuan kemudian siswa diberi post test&#xD; untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dari hasil&#xD; test yang diberikan diperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis&#xD; siswa yaitu rata-rata persentase kemampuan memahami masalah meningkat 12,5%;&#xD; kemampuan merencanakan penyelesaian masalah meningkat 55,47%; kemampuan&#xD; menyelesaikan perencanaan masalah meningkat meningkat 47,86%; dan kemampuan&#xD; memberikan kesimpulan meningkat 17,86% dengan kriteria peningkatan sedang.&#xD; Berdasarkan 3 indikator pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif dengan strategi&#xD; konflik kognitif merupakan pembelajaran efektif.&#xD; Peneliti menyarankan pembelajaran ini dapat menjadi referensi sebagai&#xD; pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah&#xD; matematis siswa.</description><date>2017-03-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/1/1.NIM%204122111029%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/2/2.NIM%204122111029%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/3/4.NIM%204122111029%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/4/5.NIM%204122111029%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/5/6.NIM%204122111029%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/6/7.NIM%204122111029%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/7/8.NIM%204122111029%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/8/9.NIM%204122111029%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/9/10.NIM%204122111029%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/10/14.NIM%204122111029%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/11/15.NIM%204122111029%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24225/12/3.NIM%204122111029%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><identifier> Waruwu, Hermanto (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DI SMA KATOLIK KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>24225</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Waruwu, Hermanto
title PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DI SMA KATOLIK KABANJAHE
publishDate 2017
isbn 204122111029
topic LB1603 Secondary Education. High schools
QA Mathematics
url http://digilib.unimed.ac.id/24225/1/1.NIM%204122111029%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24225/2/2.NIM%204122111029%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24225/3/4.NIM%204122111029%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24225/4/5.NIM%204122111029%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24225/5/6.NIM%204122111029%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24225/6/7.NIM%204122111029%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24225/7/8.NIM%204122111029%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24225/8/9.NIM%204122111029%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24225/9/10.NIM%204122111029%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24225/10/14.NIM%204122111029%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24225/11/15.NIM%204122111029%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24225/12/3.NIM%204122111029%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24225/
contents Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMA Katolik Kabanjahe T.A 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA yang berjumlah 35 orang.Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan pemberian pre test untuk mengetahui kemampuan awal pemecahan masalah matematis siswa. Setelah diberi pre test, subjek penelitian kemudian diberi perlakuan berupa pembelajaran pendekatan metakognitif dengan strategi konflik kognitif. Setelah diberi perlakuan kemudian siswa diberi post test untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dari hasil test yang diberikan diperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu rata-rata persentase kemampuan memahami masalah meningkat 12,5%; kemampuan merencanakan penyelesaian masalah meningkat 55,47%; kemampuan menyelesaikan perencanaan masalah meningkat meningkat 47,86%; dan kemampuan memberikan kesimpulan meningkat 17,86% dengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan 3 indikator pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif dengan strategi konflik kognitif merupakan pembelajaran efektif. Peneliti menyarankan pembelajaran ini dapat menjadi referensi sebagai pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
id IOS3150.24225
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:42:59Z
last_indexed 2017-07-11T01:42:59Z
recordtype dc
_version_ 1766033436649193472
score 17.538404