Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) Terhadap Kemampuan Menemukan Pokok-pokok Berita Yang Didengar Melalui Rekaman Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Tunas Harapan sebanyak 147 orang dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah kelas VIIIa sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test dan post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menemukan pokok-pokok berita yang didengar melalui rekaman berita. Nilai ratarata sebelum perlakuan (pre-test) adalah 63,12, standar deviasi 11,93, dan standar error 1,91 sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan adalah 76,25, standar deviasi 9,07, dan standar error 1,45. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menemukan pokok-pokok berita yang didengar melalui rekaman berita setelah menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) lebih tinggi daripada nilai sebelum menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions). Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis thitung = 12,72 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% = 2,64. Karena thitung = 12,72> ttabel = 2,64 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) mempengaruhi kemampuan Menemukan Pokokpokok Berita Yang Didengar Melalui Rekaman Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Tunas Harapan Kec. P.Batu Tahun Pembelajaran 2016/2017.