Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT) yang dilengkapi dengan media Worksheet pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Kartika I-2 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas, yakni kelas eksperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yang dilengkapi media worksheet dan kelas eksperimen II diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Instrumen tes yang valid sebanyak 24 soal dengan reliabilitas 0,856. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen Idan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni 2,65 > 1,9968, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media worksheet lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media worksheet pada pokok bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di kelas XI IPA SMA KARTIKA I-2 Medan yaitu 84,56% > 73,47%.