ctrlnum 20748
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20748/</relation><title>STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE&#xD; TPS DAN NHT YANG DILENGKAPI MEDIA WORKSHEET TERHADAP&#xD; PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN&#xD; KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN</title><creator>Rangkuti, Nila Sari</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QD415 Biochemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT) yang dilengkapi dengan media Worksheet pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Kartika I-2 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas, yakni kelas eksperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yang dilengkapi media worksheet dan kelas eksperimen II diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Instrumen tes yang valid sebanyak 24 soal dengan reliabilitas 0,856. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen Idan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung &gt; ttabel, yakni 2,65 &gt; 1,9968, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media worksheet lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media worksheet pada pokok bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di kelas XI IPA SMA KARTIKA I-2 Medan yaitu 84,56% &gt; 73,47%.</description><date>2016-08-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20748/1/1%20NIM%204123331031%20COVER%20SKRIPSI%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20748/2/2%20NIM%204123331031%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20748/3/3%20NIM%204123331031%20ABSTRAK%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20748/5/4%20NIM%204123331031%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20748/4/5%20NIM%204123331031%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20748/6/6%20NIM%204123331031%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20748/7/7%20NIM%204123331031%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20748/8/8%20NIM%204123331031%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20748/9/9%20NIM%204123331031%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20748/10/13%20NIM%204123331031%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20748/11/14%20NIM%204123331031%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Rangkuti, Nila Sari (2016) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN NHT YANG DILENGKAPI MEDIA WORKSHEET TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20748</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rangkuti, Nila Sari
title STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN NHT YANG DILENGKAPI MEDIA WORKSHEET TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
publishDate 2016
isbn 204123331031
topic LB1603 Secondary Education. High schools
QD415 Biochemistry
url http://digilib.unimed.ac.id/20748/1/1%20NIM%204123331031%20COVER%20SKRIPSI%20.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20748/2/2%20NIM%204123331031%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20748/3/3%20NIM%204123331031%20ABSTRAK%20.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20748/5/4%20NIM%204123331031%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20748/4/5%20NIM%204123331031%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20748/6/6%20NIM%204123331031%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20748/7/7%20NIM%204123331031%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20748/8/8%20NIM%204123331031%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20748/9/9%20NIM%204123331031%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20748/10/13%20NIM%204123331031%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20748/11/14%20NIM%204123331031%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20748/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT) yang dilengkapi dengan media Worksheet pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Kartika I-2 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas, yakni kelas eksperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yang dilengkapi media worksheet dan kelas eksperimen II diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Instrumen tes yang valid sebanyak 24 soal dengan reliabilitas 0,856. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen Idan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni 2,65 > 1,9968, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media worksheet lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media worksheet pada pokok bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di kelas XI IPA SMA KARTIKA I-2 Medan yaitu 84,56% > 73,47%.
id IOS3150.20748
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:20Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:20Z
recordtype dc
_version_ 1766033413023727616
score 17.538404