Daftar Isi:
  • Masalah Dalam Penelitian ini adalah Apakah hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas XI SMA RK Deli Murni Deli Tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII IPS SMA RK Deli Murni Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA RK Deli Murni Deli Tua. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XII IPS 1 berjumlah 30 orang pada kelas eksperimen dan kelas XII IPS2 yang berjumlah 30 orang pada kelas Kontrol. Teknik pengambilan sampel digunakan adalahrandom sample. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar akuntansi berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas ekperimen = 53,167 dengan Standar Deviasi = 13,739 dan nilai rata-rata post-test siswa setelah menggunakan model pembelajaran Guided Teaching = 82,333 dengan Standar Deviasi = 10,806. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 51,167 dengan Standar Deviasi = 11,721dan nilai rata-rata post-test siswa kelas kontrol= 73,833 dengan Standar Deviasi = 9,439. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistibusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan dipeoleh thitung > ttabel (3,630 > 1,6723), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan dk= N + N – 2 = 58. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII IPS SMA RK Deli Murni Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017.