ctrlnum 20525
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20525/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING&#xD; TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA&#xD; KELAS XII IPS SMA RK DELI MURNI&#xD; DELI TUA T.A 2016/2017</title><creator>Sitanggang, Frans Warren</creator><subject>HG1706 Accounting. Bookkeeping</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Masalah Dalam Penelitian ini adalah Apakah hasil belajar akuntansi yang&#xD; diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi&#xD; dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan&#xD; metode konvensional pada siswa kelas XI SMA RK Deli Murni Deli Tua. Penelitian&#xD; ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model&#xD; pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang&#xD; diajar dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII IPS SMA RK&#xD; Deli Murni Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian&#xD; eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA&#xD; RK Deli Murni Deli Tua. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas,&#xD; yaitu kelas XII IPS 1 berjumlah 30 orang pada kelas eksperimen dan kelas XII IPS2&#xD; yang berjumlah 30 orang pada kelas Kontrol. Teknik pengambilan sampel digunakan&#xD; adalahrandom sample. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes&#xD; hasil belajar akuntansi berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal.&#xD; Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas&#xD; ekperimen = 53,167 dengan Standar Deviasi = 13,739 dan nilai rata-rata post-test&#xD; siswa setelah menggunakan model pembelajaran Guided Teaching = 82,333 dengan&#xD; Standar Deviasi = 10,806. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol =&#xD; 51,167 dengan Standar Deviasi = 11,721dan nilai rata-rata post-test siswa kelas&#xD; kontrol= 73,833 dengan Standar Deviasi = 9,439. Dari analisis data yang diperoleh&#xD; bahwa data hasil belajar berdistibusi normal (Lhitung &lt; Ltabel) dan homogen (Fhitung &lt;&#xD; Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan dipeoleh thitung&#xD; &gt; ttabel (3,630 &gt; 1,6723), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan&#xD; 95% dan &#x3B1; = 0,05 dengan dk= N + N &#x2013; 2 = 58.&#xD; Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar&#xD; dengan model pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan&#xD; hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional pada&#xD; siswa kelas XII IPS SMA RK Deli Murni Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017.</description><date>2016-08-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20525/1/1.%20NIM.%207123142021%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20525/2/2.%20NIM.%207123142021%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20525/3/4.%20NIM.%207123142021%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20525/4/3.%20NIM.%207123142021%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20525/5/5.%20NIM.%207123142021%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20525/6/6.%20NIM.%207123142021%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20525/7/7.%20NIM.%207123142021%20ILUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20525/8/8.%20NIM.%207123142021%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20525/9/9.%20NIM.%207123142021%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20525/10/13.%20NIM.%207123142021%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20525/11/14.%20NIM.%207123142021%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Sitanggang, Frans Warren (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA RK DELI MURNI DELI TUA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20525</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sitanggang, Frans Warren
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA RK DELI MURNI DELI TUA T.A 2016/2017
publishDate 2016
isbn 207123142021
topic HG1706 Accounting. Bookkeeping
LB1603 Secondary Education. High schools
url http://digilib.unimed.ac.id/20525/1/1.%20NIM.%207123142021%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20525/2/2.%20NIM.%207123142021%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20525/3/4.%20NIM.%207123142021%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20525/4/3.%20NIM.%207123142021%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20525/5/5.%20NIM.%207123142021%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20525/6/6.%20NIM.%207123142021%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20525/7/7.%20NIM.%207123142021%20ILUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20525/8/8.%20NIM.%207123142021%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20525/9/9.%20NIM.%207123142021%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20525/10/13.%20NIM.%207123142021%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20525/11/14.%20NIM.%207123142021%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20525/
contents Masalah Dalam Penelitian ini adalah Apakah hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas XI SMA RK Deli Murni Deli Tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII IPS SMA RK Deli Murni Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA RK Deli Murni Deli Tua. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XII IPS 1 berjumlah 30 orang pada kelas eksperimen dan kelas XII IPS2 yang berjumlah 30 orang pada kelas Kontrol. Teknik pengambilan sampel digunakan adalahrandom sample. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar akuntansi berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas ekperimen = 53,167 dengan Standar Deviasi = 13,739 dan nilai rata-rata post-test siswa setelah menggunakan model pembelajaran Guided Teaching = 82,333 dengan Standar Deviasi = 10,806. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 51,167 dengan Standar Deviasi = 11,721dan nilai rata-rata post-test siswa kelas kontrol= 73,833 dengan Standar Deviasi = 9,439. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistibusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan dipeoleh thitung > ttabel (3,630 > 1,6723), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan dk= N + N – 2 = 58. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII IPS SMA RK Deli Murni Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017.
id IOS3150.20525
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:13Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:13Z
recordtype dc
_version_ 1766033411621781504
score 17.538404