PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dikelas XI SMK Negeri 1 Pantai Cermin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi pokok jurnal umum kelas XI AK SMK Negeri 1 Pantai Cermin. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pantai Cermin yang beralamat di Jl. Menang No.1 Pantai Cermin, Serdang Bedagai pada tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI AK sejumlah 66 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XI AK 1 dan XI AK 2 sejumlah 20 siswa untuk masing-masing kelas, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes pilihan berganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 pretest X = 44,50; SD = 7,76 dan postes X = 80,00; SD = 8,27. Sedangkan kelas eksperimen 2 pretes X = 38,50; SD = 8,29 dan postest adalah X = 70,00 ; SD = 7,43. Dengan demikian hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal teaching. Kemudian ditemukan bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,65 dan ttabel = 1,707,sehingga thitung > ttabel (3,65 > 1,707) pada taraf signifikan pada α= 0,05, yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran jurnal umum lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal teaching.